Duh! Klepon hingga Tumpeng Pernah Dicap Makanan Tak Islami

Riska Fitria - detikFood Jumat, 21 Jan 2022 12:30 WIB
Kue Klepon disebut jajanan tak islami Foto: iStock
Jakarta -

Beberapa makanan enak dan halal ini sempat ramai di media sosial karena disebut tak islami. Bahkan ada yang disamakan dengan bentuk illuminati.

Makanan acap kali menjadi perdebatan di media sosial, terutama soal makanan haram dan halal. Dalam agama Islam, sudah dijelaskan apa saja yang merupakan makanan haram dan halal.

Mulai dari bahan baku yang digunakan, bumbu hingga proses memasak itu sendiri. Jadi, selama makanan dibuat dengan bahan dan proses yang halal, maka halal pula hukum mengonsumsinya.

Namun, beberapa makanan halal ini justru dicap sebagai makanan tak islami tanpa alasan yang masuk akal. Misalnya karena bentuk makanan segitiga yang kemudian dikaitkan sebagai simbol kesesatan.

Berikut ini 4 makanan yang pernah dicap tak islami:

1. Klepon

Kue Klepon disebut jajanan tak islamiKue Klepon disebut sebagai jajanan tak islami Foto: Twitter

Pada 2020 lalu, netizen dihebohkan dengan flyer yang menyebutkan bahwa kue klepon merupakan makanan tidak islami. Dalam flyer tersebut tidak dijelaskan mengapa klepon disebutkan demikian.

Hanya ada tulisan berisi ajakan untuk tidak mengonsumsi kue klepon. "Yuk tinggalkan jajanan yang tidak islami dengan cara membeli jajanan islami, aneka kurma yang tersedia di toko syariah kami,".

Kabar tersebut dipastikan hoax. Pembuat flyer diduga mengambil foto klepon sebagai flyer dari seorang Food Photographer Dita W.Ichwandardi. Foto tersebut diambil pada 2008.

Banyak netizen yang menduga bahwa si pembuat flyer sengaja menyampaikan pesan bernada sentimen untuk mengundang keributan netizen.

Baca Juga: Klepon 'Tidak Islami', Ini Kisah di Balik Foto Klepon yang Viral

2. Tumpeng Tak Islami

Heboh Ceramah Tumpeng Itu HinduHeboh Ceramah Tumpeng disebut sebagai simbol agama Hindu Foto: Twitter @HafidzAlattas @kaesangp

Di tahun 2020 viral video ceramah dari Ustaz Abdul Aziz yang menyebut bahwa tumpeng tidak islami. Menurutnya tumpeng merupakan ajaran hindu, karenanya disebut berbahaya bagi umat muslim.

"Bahaya tumpeng, umat hindu mengatakan barangsiapa yang membuat tumpeng maka dia sudah beragama hindu," bunyi tulisan dalam video ceramah tersebut.

Itu dikaitkan dengan bentuk tumpeng yang berbentuk kerucut sehingga diartikan sebagai trimurti, manifestasi Dewa Brahma, Shiwa dan Whisnu.

Ajaran tersebut juga dipastikan hoax, sebab menurut Chef Wira Hardiansyah, tumpeng sudah ada jauh sebelum Hindu dan Islam masuk ke Indonesia.

Baca Juga: 5 Fakta Tumpeng yang Sudah Ada Sejak Kepercayaan Kapitayan

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Viral Klepon Tidak Islami, Pedagang Klepon: dari Mananya?"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com