Ustaz Ini Dihujat karena Sebut Minum Susu Berlebihan Sebabkan Mata Rabun

ADVERTISEMENT

Ustaz Ini Dihujat karena Sebut Minum Susu Berlebihan Sebabkan Mata Rabun

Riska Fitria - detikFood
Selasa, 29 Nov 2022 05:00 WIB
Ustaz sebut minum susu berlebihan sebabkan mata rabun
Foto: TikTok
Jakarta -

Pendakwah asal Malaysia ini dihujat netizen karena isi dakwahnya. Ia menyebutkan minum susu berlebihan bisa menyebabkan penglihatan buruk.

Dakwahan yang mengatakan bahwa minum susu berlebihan bisa menyebabkan penglihatan buruk itu disampaikan oleh dua orang pendakwah asal Malaysia melalui siaran langsung di akun TikTok Siti Afifah.

Dalam suara langsung itu terlihat dua orang pendakwah yakni pria dan wanita tengah menyampaikan beberapa ajarannya yang dinilai menyesatkan oleh netizen.

Bagaimana tidak, pasalnya mereka mengatakan bahwa terlalu banyak minum susu bisa menyebabkan mata rabun. Bahkan ia menyebutkan bahwa hal tersebut tercatat di dalam sebuah kitab.

Baca Juga: Ustaz Ini Sebut Nasi Lemak Bungkus Daun Pisang Mirip Simbol Illuminati

Ustaz sebut minum susu berlebihan sebabkan mata rabunUstaz sebut minum susu berlebihan sebabkan mata rabun Foto: TikTok

"Nanti Ustazah akan cerita Itu dalam kitab Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah menyebutkan bahwa minum susu berlebihan bisa menyebabkan mata rabun," ujarnya, seperti yang dikutip dari World of Buzz (28/11/22).

Komentar negatif pun memenuhi layar siaran langsung. Videonya menjadi viral usai dibagikan ulang oleh akun Twitter @Uyushh. Menurutnya, pendakwah itu sering membuat pernyataan yang menyesatkan.

"Waktu itu bikin isu minum obat tahan sakit bisa masuk neraka, sekarang minum susu segala. Makin lama makin aneh deh orang tua ini. Tolonglah banned mereka, orang kaya mereka yang buat Islam jadi jelek," tuturnya.

Unggahan itu kemudian ramai ditanggapi netizen. Banyak netizen yang dibuat heran dengan pernyataan dari pria yang mengaku sebagai pendakwah itu.

Baca Juga: Ini Pandangan Islam Mengenai Diet Ekstrem Demi Kurus

5 Tips Minum Susu Ini Perlu Ditiru Agar Dapat Manfaat SehatnyaDari segi medis, terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman memang tidak bagus. Begitu juga dengan terlalu banyak minum susu. Namun, efeknya tidak sampai membuat penglihatan jadi buruk. Foto: Getty Images/iStockphoto/Alter_photo

"Aku bingung kenapa dia dipanggil ustaz," tulis netizen.

"Tolong banget orang kayak gini jangan dibuat viral, langsung block aja," tulis netizen lainnya.

Dari segi medis, terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman memang tidak bagus. Begitu juga dengan terlalu banyak minum susu. Namun, efeknya tidak sampai membuat penglihatan jadi buruk.

Dikutip dari Boldsky ada beberapa efek yang terjadi akibat minum susu secara berlebihan. Pertama bisa menyebabkan gangguan pencernaan, itu lantaran susu mengandung laktosa.

Sementara ada sebagian orang yang tubuhnya tidak toleran terhadap laktosa, sehingga tidak bisa memecah gula utama yang ada pada susu. Nah, kondisi ini menyebabkan mual, sakit perut dan diare.

Selain itu, juga bisa menyebabkan alergi seperti batuk, sakit perut dan muntah-muntah. Kemudian juga bisa memengaruhi penyerapan zat besi dan mengurangi efektivitas nutrisi.

Baca Juga: Mie Gacoan Belum Dapat Sertifikasi Halal, Ini Hukum Mengonsumsinya dalam Islam



Simak Video "Sensasi Menjajal Malatang, Makanan Asal China dengan Rempah Melimpah"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT