ADVERTISEMENT

Ini Pandangan Islam Mengenai Diet Ekstrem Demi Kurus

Riska Fitria - detikFood
Senin, 01 Agu 2022 05:00 WIB
Hukum diet ekstrem
Foto: iStock
Jakarta -

Nabi Muhammad SAW mengajarkan untuk menjaga pola makan. Namun, bagaimana jika sampai melakukan diet ekstrem demi mendapatkan bentuk tubuh ideal?

Setiap insan manusia pasti menginginkan bentuk tubuh yang ideal, terutama pada perempuan. Memiliki badan yang gemuk acap kali dianggap mengganggu penampilan.

Karenanya banyak orang yang menjalani diet tertentu untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal. Diet yang baik adalah yang menjalani pola makan dengan baik pula.

Bahkan menjalani pola makan sehat selalu diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Selain itu, juga pernah dijelaskan melalui surat Al-A'raf ayat 31 yang artinya:

Baca Juga: Sebaiknya Tetap Sarapan Meskipun Tidak Lapar, Ini Kata Ahli Diet

Hukum diet ekstremMenjalani pola makan sehat selalu diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Foto: iStock

"Makan dan minumlah kamu dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan,".

Namun, ada pula orang yang menjalani diet ekstrem karena saking inginnya memiliki bentuk tubuh ideal dengan cepat. Mereka sampai rela tak makan dalam waktu yang lama.

Lantas bagaimana Islam memandang diet ekstrem tersebut? Menurut Ustaz Abdul Somad, tidak ada manfaat dari diet ekstrem. Diet ekstrem hanyalah menyiksa diri sendiri.

"Sampai tak makan agar ukuran pinggang kurus, dikasih makanan enak tapi dilihat saja, dihirup saja ini menyiksa," ujar Ustaz Abdul Somad dalam video ceramahnya.

Baca Juga: 5 Pola Makan Sehat Ini Dapat Turunkan Risiko Stroke

Hukum diet ekstremPada dasarnya, diet untuk menjaga berat badan boleh-boleh saja sepanjang tidak membahayakan kesehatan. Foto: iStock

Lebih lanjut, Ustaz Abdul Somad mengatakan bahwa yang salah bukan karena makanannya, melainkan karena pola makannya. Jika kita mengatur pola makan dengan baik maka tidak akan menambah berat badan.

Pada dasarnya, diet untuk menjaga berat badan boleh-boleh saja sepanjang tidak membahayakan kesehatan. Faktanya banyak orang yang melakukan diet ekstrem sampai memuntahkan kembali makanan yang sudah ditelan.

Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan bahwa, "Tidak boleh melakukan yang bisa membahayakan diri sendiri," hadis riwayat Ahmad dan Ibnu Majah.

Melakukan diet esktrem tanpa pengawasan dokter bisa mengarah pada penyimpangan pola makan, sehingga menyebabkan beberapa penyakit, seperti anoreksia salah satunya.

Begitu juga dengan memuntahkan kembali makanan yang sudah dimakan bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Mulai dari dehidrasi, iritasi hingga kerusakan ginjal.

Baca Juga: 4 Metode Diet dan Hukumnya Menurut Pandangan Islam



Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT