Ustaz Ini Sebut Nasi Lemak Bungkus Daun Pisang Mirip Simbol Illuminati

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 12 Jan 2022 18:30 WIB
Ustaz Ini Sebut Nasi Lemak Bungkus Daun Pisang Mirip Simbol Illuminati Foto: World of Buzz/Hiburan Netizen
Jakarta -

Nasi lemak bungkus daun pisang jadi sorotan di Malaysia usai seorang ustaz menyebutnya mirip simbol illuminati. Begini alasannya.

Nasi lemak adalah makanan khas suku Melayu yang kerap menjadi makanan sehari-hari warga Malaysia. Nasi lemak terkenal nikmat karena aromanya harum dan rasanya gurih.

Nasi lemak biasanya disantap saat sarapan. Lauk pendampingnya beragam seperti telur rebus atau goreng, ikan teri dan kacang tanah goreng, irisan mentimun dan ayam goreng serta sambal goreng.

Seperti halnya nasi uduk di Indonesia, nasi lemak juga dijual dalam versi bungkus. Bedanya, nasi lemak dibungkus daun pisang dengan bentuk limas segitiga.

Sekilas tak ada yang aneh dengan bentuk nasi lemak bungkus ini, namun seorang ustaz di Malaysia memiliki pandangan berbeda. Mengutip World of Buzz (11/1/2022), ustaz Harun Jalil menyetujui unggahan yang mengatakan bentuk nasi lemak bungkus mirip simbol illuminati.

Ustaz Ini Sebut Nasi Lemak Bungkus Daun Pisang Mirip Simbol IlluminatiUstaz Harun Jalil mencurigai bentuk limas segitiga pada nasi lemak bungkus melambangkan illuminati Foto: World of Buzz/Hiburan Netizen

"Kita kadang-kadang tidak sadar kehidupan harian kita, marilah kita bersama-sama duduk dan menilai keadaan di sekitar kita. Bentuk segitiga nasi lemak ini sebenarnya kepunyaan siapa? Pikir-pikirkan lah," katanya.

Ia menyertakan unggahan yang menampilkan foto nasi lemak bungkus bersanding dengan The Eye of Providence atau Sang Mata Pemeliharaan yang merupakan simbol Illuminati. Dalam unggahan itu, nasi lemak bungkus dianggap sebagai konspirasi Yahudi untuk merusak akidah umat Islam.

Baca Juga: Terlihat Mirip, Ini Bedanya Nasi Uduk dan Nasi Lemak

Pendapat ustaz Harun Jalil ini diunggah kembali oleh situs Hiburan Netizen di Malaysia. Situs ini terkenal sering mengunggah hal-hal lucu dan konyol yang beredar di media sosial.

Tak heran seruan ustaz Harun Jalil ini juga mendapat banyak tanggapan kocak dari netizen Malaysia. Mereka mengganggap pendapat sang ustaz lucu karena menghubung-hubungkan dua hal yang sebenarnya tidak berkaitan.

"Nasi lemak sudah sejak lama dibungkus seperti itu, makanan khas kita ini bukan resep dari Barat. Jangan berpikiran sempit. Kepercayaan kita kekal pada Tuhan yang Maha Esa" sahut seorang netizen. Lalu ada juga yang bilang, "Kalau gunung berbentuk piramida juga bisa dibilang sebagai lambang Dajjal kah?"

Ustaz Ini Sebut Nasi Lemak Bungkus Daun Pisang Mirip Simbol IlluminatiBanyak netizen kontra saat menanggapi unggahan ustaz Harun Jalil soal nasi lemak mirip simbol illuminati Foto: World of Buzz/Hiburan Netizen

Tak sedikit juga netizen yang setuju bahwa bentuk nasi lemak bungkus tak ada hubungannya dengan iman seseorang. "Bahkan kemasan nasi lemak saja jadi masalah. Jelas kalau pikirannya (ustaz Harun Jalil) membusuk. Nauzubillah," komentar seorang netizen.

detikfood coba menelusuri akun ustaz Harun Jalil di Facebook, namun tak menemukannya. Kami menduga unggahan yang viral ini merupakan unggahan lama yang sudah dihapus, namun kembali viral usai diunggah situs Hiburan Netizen.

Pencarian kami di Google mengenai ustaz Harun Jalil juga tak menemukan titik terang. Tak ada informasi jelas soal sosok ustaz ini.

Sebelum nasi lemak dikaitkan simbol illuminati, klepon yang merupakan jajanan pasar Indonesia juga pernah diterpa isu tak sedap. Klepon disebut tidak Islami dalam sebuah flyer toko kurma.

Pada flyer tersebut ditulis, "Kue klepon tidak Islami. Yuk tinggalkan jajanan yang tidak Islami dengan cara memberi jajanan Islami. Aneka kurma yang tersedia di toko Syariah kamu". Kisahnya bisa dibaca di artikel di bawah ini.

Baca Juga: Klepon 'Tidak Islami', Ini Kisah di Balik Foto Klepon yang Viral

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com