Efek Minum Kopi Terasa Tak Mempan? Bisa Jadi Ini Sebabnya

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Efek Minum Kopi Terasa Tak Mempan? Bisa Jadi Ini Sebabnya

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 01 Des 2022 07:30 WIB
Yuk Intip 10 Gaya Keren Para Seleb Dunia Saat Ngopi
Foto: Istimewa
Jakarta -

Kopi digemari oleh banyak orang karena efeknya. Tetapi ada juga mereka yang tidak mendapatkan efek kafein tersebut. Hal itu bisa jadi disebabkan oleh 5 hal ini!

Banyak orang menjadikan kopi sebagai minuman sehari-hari karena efek yang diberikan. Efek baiknya ada banyak mulai dari memberikan dorongan energi hingga membuat tubuh menjadi lebih terjaga.

Namun rupanya efek tersebut tidak bisa dirasakan oleh semua orang. Karena ada beberapa dari mereka yang sudah minum kopi tapi tidak merasakan manfaat kafeinnya sama sekali.

Mugkin banyak yang bertanya-tanya tentang penyebab terjadinya hal ini. Jika kamu merasa efek kafein tidak berpengaruh, bisa jadi karena 5 alasan ini.

Berikut informasinya seperti dirangkum dari thecozycoffee.com (26/03/2021):

1. Tidak Cukup Tidur

Ilustrasi TidurRupanya tidur juga mempengaruhi efek kopi pada seseorang. Foto: Getty Images/iStockphoto

Efek pada kafein rupanya bisa berhenti bekerja jika seseorang tidak cukup tidur. Saat minum kopi, kafein yang ada pada kopi tersebut akan membuat seseorang tetap terjaga. Namun efek ini bisa dirasakan secara efektif bagi mereka yang punya jumlah tidur yang normal.

Sementara bagaimana mereka yang jam tidurnya kurang? Orang yang tidak cukup tidur membutuhkan lebih banyak adenosin dalam tubuh mereka yang dapat melawan kafein yang dikonsumsi. Adenosin sendiri merupakan bahan kimia yang membuat orang merasa ngantuk.

Ketika hal tersebut terjadi, maka kafein tidak akan membantu tetap terjaga. Karenanya jika sudah minum kopi namun tidak mempan, bisa jadi karena kamu kurang tidur dan membutuhkan tidur malam yang lebih nyenyak.

2. Konsumsi Terlalu Banyak Kafein

Minuman atau makanan yang dikonsumsi terlalu banyak memang tidak akan baik untuk kesehatan. Tak terkecuali dengan kopi.

Kopi yang dikonsumsi terlalu banyak tak hanya membuat seseorang menjadi lebih terjaga, tetapi bisa juga tidak memberikan efek sama sekali.

Ketika minum terlalu banyak kopi, mungkin akan mulai menunjukkan efek seperti mudah kesal dan akan lebih sulit untuk tidur. Kamu tidak ingin kafein bekerja melawan hal tersebut dengan mencegah kamu untuk beristirahat saat kamu memiliki kesempatan untuk tidur.



Simak Video "Suasana Kafe Bernuansa Piala Dunia di Pinrang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT