ADVERTISEMENT

Kuliner Kota Batu

Ada Bakso Langganan Artis hingga Kuliner Malam yang Meriah di Kota Batu

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 25 Nov 2022 15:00 WIB
Ada Bakso Langganan Artis hingga Kuliner Malam yang Meriah di Kota Batu
Foto: detikcom
Jakarta -

Berpisah dari kabupaten Malang, sejak tahun 1993 kawasan Batu menjadi kota administratif. Kota kecil yang dingin ini dikenal sebagai surganya kuliner malam.

Batu, Jawa Timur awalnya dikenal sebagai bagian dari kabupaten Malang. Berada di atas permukaan tinggi membuat Batu identik dengan kawasan bersuhu dingin yang diincar para wisatawan.

Kota yang hanya memiliki luas sebesar 199 kilometer persegi berhasil berkembang dengan baik setelah melepaskan diri dari kabupaten Malang. Kini Batu populer menjadi kawasan wisata yang identik dengan petik apel maupun wisata kuliner malam.

Untuk mencapai kota Batu cukup menempuh waktu kira-kira satu jam dari kota Malang. Berkunjung ke kota Batu, detikfood mencicipi berbagai kuliner enak yang sayang untuk dilewatkan jika berwisata ke sana.

Baca juga: Gegara Salah Paham, Acara Makan Keluarga Ini Hancur Berantakan

Ada Bakso Langganan Artis hingga Kuliner Malam yang Meriah di Kota BatuDi Batu ada bakso prasmanan yang jadi langganan artis ibu kota. Foto: detikcom

Belum terlalu jauh ke atas, dahulu ada stadion Gelora Brantas yang menjadi kebanggaan warga kota Batu. Kini stadion tersebut tengah direvitalisasi dan dialih fungsikan menjadi pasar pagi yang diburu warga sekitar.

Selain pasar pagi, tak jauh dari area bekas stadion tersebut ternyata ada gerai bakso yang tak biasa. Bakso di sini mengusung konsep prasmanan di mana para pelanggan bisa bebas memilih jenis baksonya dan menyesuaikan sendiri porsi makan mereka.

Uniknya gerai bakso ini tak hanya menjadi favorit warga sekitar Batu tetapi juga artis ibu kota. Ketika menyambangi gerainya, kami melihat sendiri kenang-kenangan yang ditinggalkan oleh selebriti tersebut.

Pada salah satu dindingnya tersusun bingkai-bingkai dengan foto dan tanda tangan penyanyi hingga artis. Misalnya seperti Krisdayanti, Yuni Shara, Ada Band dan sederet orang-orang terkenal lainnya.

Ada Bakso Langganan Artis hingga Kuliner Malam yang Meriah di Kota BatuBergeser sedikit ke atas, kamu akan menemukan surganya kuliner malam di Alun-alun Kota Batu. Foto: detikcom

Setelah puas makan bakso, bergeser naik wisatawan bisa menemukan alun-alun kota batu yang tak pernah sepi pengunjung. Banyak sekali hiburan yang bisa didapatkan di sini. Mulai dari wahana permainan, badut hingga wisata kuliner yang sayang untuk dilewatkan.

Persis berada di seberang alun-alun kota Batu ada area kuliner yang dikenal dengan nama Pasar Laron. Beroperasi sejak sore hingga malam hari, di sini banyak pedagang kedai maupun kaki lima yang menawarkan makanan-makanan lezat.

Konsep setiap pedagang yang ada di sini juga sangat bervariasi. Ada yang menyajikan waffle dengan es krim hingga gurita bakar bergaya Thailand hingga susu ketan yang menjadi kuliner legendaris di Batu.

Kali ini detikfood akan membahas serba serbi perjalanan ke kota Batu dan petualangan mengunjungi kuliner-kuliner populer hingga legendaris. Penasaran seperti apa keseruannya? Pastikan untuk tidak ketinggalan informasinya dengan memantau detikfood, ya!



Simak Video "Berburu Kuliner di Kota Batu, Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT