Lagi Viral di TikTok, Apa Itu Fufu Makanan Khas Afrika?

ADVERTISEMENT

Lagi Viral di TikTok, Apa Itu Fufu Makanan Khas Afrika?

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Rabu, 23 Nov 2022 15:30 WIB
Lagi Viral di TikTok, Apa Itu Fufu Makanan Khas Afrika?
Foto: Getty Images/iStockphoto/eatsmarter_de
Jakarta -

Tren kuliner di TikTok silih berganti. Kini sedang viral fufu yang merupakan makanan khas Afrika. Ramai-ramai netizen mencicipi makanan ini untuk pertama kali dan mengungkap rasanya.

Beberapa makanan dari negara lain kerap viral di TikTok Indonesia. Makanan ini memiliki tampilan, aroma, dan rasa yang unik sehingga banyak TikToker Indonesia tertarik mencoba dan membuat konten tentangnya.

Setelah natto dari Jepang dan stinky tofu khas Taiwan yang menyita perhatian, kini ramai pembicaraan soal fufu asal Afrika. Banyak netizen TikTok telah mencoba hingga membuat netizen lain ikut penasaran dengan fufu.

Bentuk makanan ini seperti getuk asal Jawa, namun berupa gumpalan yang lebih besar lagi. Teksturnya juga terlihat lebih elastis dan kenyal. Lantas terbuat dari apakah fufu?

Lagi Viral di TikTok, Apa Itu Fufu Makanan Khas Afrika?Fufu populer di Afrika, terbuat dari singkong, ubi, atau bahan makanan bertepung lain. Foto: Getty Images/iStockphoto/eatsmarter_de

Mengutip Fine Dining Lovers (30/11/2021), fufu adalah makanan pokok masyarakat Afrika Barat dan Karibia. Makanan berpati ini biasanya jadi pendamping sup (stew) atau semur.

Fufu umum dibuat dari singkong, ubi, atau bahan makanan bertepung lainnya seperti jagung, semolina, beras, pisang, atau kombinasi 2 atau lebih makanan tersebut. Makanan itu ditumbuk sampai halus dan dicampur dengan sedikit air untuk menghasilkan adonan yang lembut dan elastis.

Fufu punya sejarah panjang. Nama 'fufu' diambil dari bahasa Twi yang dipakai oran-orang Akan di bagian pusat dan selatan Ghana. Arti 'fufu' adalah 'menumbuk atau mencampur' yang merujuk pada cara membuat makanan ini. Fufu juga kerap disebut 'foofoo', 'foufou', atau 'fufuo'.

Fufu punya rasa berbeda-beda, tergantung bahan utamanya. Namun secara umum, fufu punya rasa lembut, sedikit asam, dan mirip rasa ubi serta kentang. Cita rasa yang cenderung tawar ini membuat fufu paling pas disandingkan dengan hidangan sup khas Afrika yang rasanya kuat.

Salah satu yang terkenal, egusi. Sup ini dibuat dengan biji melon yang dihaluskan lalu diisi banyak sayuran daun. Egusi diberi aneka bumbu rempah sehingga banyak netizen TikTok menyamakan rasanya mirip gulai khas Indonesia.

Lagi Viral di TikTok, Apa Itu Fufu Makanan Khas Afrika?Fufu disarankan untuk dinikmati pakai tangan dengan pendamping sup, stew, atau semur. Foto: Getty Images/iStockphoto/eatsmarter_de

Paduan fufu dan egusi banyak disebut enak. Memakannya disarankan pakai tangan langsung. Fufu idealnya dijadikan 'sendok' untuk mengambil sup. Egusi bisa sedikit ditekan hingga menghasilkan cekungan sehingga kuah sup pun bisa terambil.

TikToker Indonesia yang belum lama ini mencicipi fufu dan egusi adalah sandradlubiss (22/11). Ia membeli dari AFC African Food Center Nwanyi Nnewi di kawasan Palmerah, Jakarta Barat.

Sandra yang baru pertama kali mencicipi fufu bilang aromanya tawar. Pun untuk rasanya yang disebut hambar.

Sementara egusi memiliki aroma mirip ikan cakalang. "Supnya enak banget. Dia asin, gurih gitu," katanya. Egusi yang dipesan selebgram ini juga berisi daging dan ragam jeroan sapi. Ia bilang memakannya tak ubah menyantap gulai. Penasaran mencicipi?



Simak Video "Nenek Yanah, Viral Gegara Tutorial Memasak Absurd"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT