4 Fakta Stinky Tofu, Tahu Busuk yang Tren di TikTok

ADVERTISEMENT

4 Fakta Stinky Tofu, Tahu Busuk yang Tren di TikTok

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 31 Agu 2022 07:00 WIB
Stinky Tofu
Foto: iStock
Jakarta -

Setelah natto dan blue cheese, kini ada lagi tantangan makan stinky tofu atau tahu busuk yang jadi trend di TikTok. Meskipun bau, tahu ini kaya akan manfaat.

Sebuah tantangan makan kembali menjadi tren di TikTok. Kali ini adalah tren makan stinky tofu alias tahu busuk yang memiliki aroma tak sedap. Banyak kreator konten yang sudah mencoba tantangannya.

Kebanyakan dari mereka gagal melakukan tantangan lantaran aroma menyengat dari stinky tofu tersebut. Sebenarnya apa itu stinky tofu? Berikut fakta menarik tentang stinky tofu.

1. Berasal dari China

Stinky tofuStinky tofu berasal dari China. Foto: Istimewa

Dikutip dari Taiwanese-Secret (30/08) makanan tahu busuk ini berasal dari China. Di negara asalnya tersebut, makanan ini dikenal dengan sebutan ChouDoufu.

Stinky tofu adalah olahan tahu yang difermentasi. Nah, bau busuk yang menyengat itu merupakan hasil dari proses fermentasi. Tak sedikit yang menyebut aromanya seperti kaos kaki basah.

Baca Juga: 5 Tren Makanan TikTok Ini Ada yang Sehat dan Ada yang Tidak, Pernah Coba?

2. Populer di Taiwan

Stinky tofu kemudian populer hingga ke Taiwan. Stinky tofu ini banyak dijual oleh pedagang kaki lima hingga restoran ternama. Bahkan tahu busuk ini dijadikan sebagai hidangan nasional di Taiwan.

Di Taiwan ada jalan Shenkend di Shenkeng yang dikhususkan sebagai lapak tempat menjual tahu busuk. Masyarakat setempat sampai menamai jalan tersebut dengan sebutan 'stinky street'.

Stinky tofu dapat diolah dengan berbagai cara laiknya tahu biasa. Bisa digoreng, ditumis atau dikukus. Biasanya tahu busuk ini diolah dengan menambahkan kol, bawang putih dan saus pedas

Baca Juga: Duh, Tren Tantangan Makan Jelly diTikTok Ini Bisa Bikin Tersedak!



Simak Video "Bikin Laper: Pedas Nikmat Ayam Geybok Bang Jarwo"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT