ADVERTISEMENT

5 Fakta Blue Cheese, Keju Bercak Jamur yang Viral di TikTok

Riska Fitria - detikFood
Selasa, 16 Agu 2022 07:00 WIB
Blue Cheese
Foto: iStock
Jakarta -

Setelah makan natto viral di TikTok, kini muncul tantangan makan blue cheese yang menjadi tren. Meski beraroma tajam tapi keju ini harganya mahal.

Belakangan ini ramai pengguna TikTok yang membuat konten berupa tantangan makan blue cheese. Respon kebanyakan orang tak kuat dengan aromanya yang tajam.

Blue cheese berbeda dengan keju pada umumnya. Keju ini terdapat jamur di lapisannya. Selain itu aromanya begitu menyengat sehingga membuat orang yang belum terbiasa akan terganggu.

Namun di balik aromanya yang tajam, blue cheese termasuk makanan mewah. Harganya pun terbilang tinggi. Selain itu, jenis keju ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut fakta menarik tentang blue cheese:

1. Apa Itu Blue Cheese?

Blue CheeseBlue cheese berasal dari Prancis dan populer di negara-negara Eropa dan dikenal dengan berbagai sebutan. Foto: iStock

Blue cheese berasal dari Prancis dan populer di negara-negara Eropa dan dikenal dengan berbagai sebutan. Sesuai dengan namanya, blue cheese adalah keju yang warnanya semburat biru kehijauan.

Warna biru itu dihasilkan dari jamur yang digunakan dalam proses pembuatannya. Ada beberapa jenis bakteri dan jamur yang dipakai.

Blue cheese terbuat dari susu domba yang dicampur dengan bakteri Penicillium roqueforti, karenanya di Prancis, jenis keju ini dikenal dengan sebutan Roquefort.

2. Nutrisi dan Manfaat Blue Cheese

Blue CheeseDalam 100 gram blue cheese terdapat kandungan protein 6 gram, lemak 8 gram, kalsium 150 mg, kalori 100 dan karbohidrat kurang dari 1 gram. Foto: iStock

Blue cheese dijual dalam berbagai ukuran. Ukuran yang dibeli oleh kebanyakan kreator konten adalah 100 gram yang dipotong berbentuk segitiga.

Dalam 100 gram blue cheese terdapat kandungan protein 6 gram, lemak 8 gram, kalsium 150 mg, kalori 100 dan karbohidrat kurang dari 1 gram. Selain itu juga mengandung banyak vitamin.

Mulai dari vitamin A dan D, lengkap dengan kalium, natrium, zinc, fosfor, selenium, dan riboflavin. Keju ini memiliki sifat anti inflamasi yang berperan untuk mencegah radang sendi.

Bukan hanya itu, keju ini juga dapat mengobati daya ingat yang memudar. Kandungan kalium dan kalsiumnya dapat menyehatkan gigi. Kandungan funginya juga bisa mencegah selulit.

Baca Juga: Okky Bakery Berdiri Sejak 1970-an Masih Eksis dan Diminati Hingga Kini

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT