Keju Kambing dari Spanyol Dinobatkan Sebagai Keju Terbaik Dunia 2021

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 07 Nov 2021 08:00 WIB
Keju kambing asal Spanyol berhasil dinobatkan menjadi keju terbaik dunia 2021 Foto: MICHAEL LANE / GUILD OF FINE FOOD / Site News
Jakarta -

Keju terbaik dunia selalu dicari setiap tahunnya. Tahun ini keju kambing dari Spanyol dinobatkan menjadi keju terbaik dunia. Apa keistimewaan keju tersebut?

Keju merupakan salah satu produk susu yang melalui proses pengentalan atau koagulasi. Proses ini dilakukan dengan bantuan bakteri atau enzim yang disebut rennet. Jenis keju di dunia pun sangat beragam, mulai dari cheddar hingga blue cheese.

Dilansir dari Food & Wine (4/11), setiap tahunnya, beragam jenis keju di dunia juga diikutsertakan dalam International Cheese Festival untuk mengetahui jenis keju terbaik. Tahun ini, World Cheese Awards yang ke-33 diselengkarakan di Oviedo, Spanyol.

Baca Juga: Konsumsi Protein 4 Kali Sehari Bisa Lunturkan Lemak? Ini Penjelasannya!

Keju kambing asal Spanyol berhasil dinobatkan menjadi keju terbaik dunia 2021Keju kambing asal Spanyol berhasil dinobatkan menjadi keju terbaik dunia 2021 Foto: MICHAEL LANE / GUILD OF FINE FOOD / Site News

Keju kambing asal Spanyol berhasil dinobatkan menjadi keju terbaik dunia versi World Cheese Awards. Keju kambing bernama Olavidia ini memiliki tekstur yang lembut. Keju ini juga dipasarkan dengan nama komersial Quesos y Besos yang berarti keju dan ciuman.

Keju kambing ini mengalahkan 4.079 jenis keju dari 40 negara di 5 benua yang ada di dunia. Para juri memilih keju kambing asal Spanyol itu dikarenakan teksturnya yang kaya dan lembut.

Jason Hinds, salah satu juri dari World Cheese Awards mengatakan kalau keju kambing ini layak jadi pemenang. "Kaya, menggoda, teksturnya creamy," ujarnya. "Rasanya yang menyeluruh dan hangat," tambah Hinds, seperti dikutip dari CNN Travel (4/11).

Keju kambing asal Spanyol berhasil dinobatkan menjadi keju terbaik dunia 2021Keju kambing asal Spanyol berhasil dinobatkan menjadi keju terbaik dunia 2021 Foto: MICHAEL LANE / GUILD OF FINE FOOD / Site News

Baca Juga: 5 Cara Ajaib Kopi Bantu Turunkan Berat Badan

Silvia Pelaez, seorang produsen keju kambing Spanyol yang mnjadi pemenang ini juga mengungkapkan kebahagiaannya. "Kami adalah pembuat keju kecil yang sederhana di Jaen. Pekerjaan harian mendapatkan imbalannya" kata Pelaez.

Pelaez menjelaskan kalau keju buatannya itu terbuat dari susu kambing. Pada bagian tengah keju terdapat garis hitam yang mencolok. Karena, difermentasi dengan penicillium candidum dan abu-abu zaitun, maka meninggalkan hasil tampilan berwarna hitam di bagian tengahnya.

Baca Juga: Di Bintaro Ada Bubur Keju Pakai Topping Kekinian, Sudah Pernah Coba?



Simak Video "Masak Masak: Bikin Sambal Keju Viral Check!"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com