Dechang, Usus Sapi Khas Korea yang Ramah Muslim dan Viral di TikTok

ADVERTISEMENT

Dechang, Usus Sapi Khas Korea yang Ramah Muslim dan Viral di TikTok

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 09 Nov 2022 12:30 WIB
Daechang
Foto: iStock
Jakarta -

Belakangan ini ramai orang yang memperlihatkan aksi mukbang daechang. Meskipun terbuat dari jeroan sapi, tapi hidangan khas Korea ini banyak disukai.

Di TikTok banyak tren kuliner yang berkembang. Berawal dari satu kreator yang kemudian menginspirasi dan membuat kreator lain penasaran sehingga mengikuti tren kuliner tersebut.

Seperti yang belakangan ini ramai, yakni mukbang daechang khas Korea. Banyak kreator di TikTok yang memperlihatkan aksi mukbang daechang. Salah satunya ada kreator konten asal Indonesia Shania Melia.

Lewat akun @shaniamelia, ia membagikan momen saat menikmati daechang bersama teman-temannya di sebuah restoran di Korea. Reaksi ketika menikmati daechang itulah yang membuat netizen penasaran lantaran teksturnya yang kenyal.

Dikutip dari Korea Times (07/05/19) daechang merupakan hidangan khas Korea yang terbuat dari jeroan sapi, tepatnya bagian usus sapi. Daechang ini kerap dimiripkan dengan gopchang dan makchang.

1. Perbedaan Daechang, Gopchang dan Makchang

DaechangDaechang, gopchang dan makchang sama-sama terbuat dari jeroan sapi. Foto: iStock

Daechang, gopchang dan makchang sama-sama terbuat dari jeroan sapi. Perbedaannya, gopchang terbuat dari bagian usus kecil, daechang terbuat dari bagian usus besar.

Sementara makchang terbuat dari bagian usus paling akhir. Biasanya ketiga makanan tersebut diolah dengan cara dipanggang untuk santapan barbeque.

Karena terbuat dari jeroan, daechang dianggap sebagai makanan esktrem. Meskipun begitu, tetapi daechang jadi favorit banyak orang tak hanya di Korea bahkan para turis.

Baca Juga: 10 Tips Diet Korea yang Efektif Turunkan Berat Badan Tanpa Siksaan

2. Sapi Jadi Sahabat Manusia

DaechangDaechang ini memiliki bentuk seperti sosis. Foto: iStock

Dalam masyarakat pertanian tradisional Korea, sapi adalah sahabat manusia. Setelah lama hidup, sapi kemudian diolah menjadi makanan dan orang Korea memberi hormat dengan tidak menyisakan bagian jeroan sekalipun.

Daechang ini memiliki bentuk seperti sosis. Ketika dipanggang, daechan akan mengeluarkan minyak. Karenanya teksturnya kenyal dan juicy, tetapi kandungan kalorinya terbilang tinggi.

Setelah dipanggang, daechang dinikmati dengan cocolan saus barbeque dan sedikit bumbu bubuk. Menurut kreator Shania, teksturnya mirip tetelan sapi. "Ini kayak tetelan tapi versi chubby dan gemoy," ujarnya.

Baca Juga: Kafe Cantik dan Instagramable Cocok Buat Nongkrong Sambil Makan Kue

3. Makanan yang Ramah Muslim di Korea

Karena terbuat dari usus sapi, daechang, gopchang dan makchang dikategorikan sebagai makanan yang ramah muslim di Korea. Mengingat di Korea banyak makanan yang terbuat dari babi.

Selain dipanggang, daechang juga bisa diolah jadi sup. Umumnya, restoran yang menawarkan menu daechang, gopchang dan makchang ini mudah ditemui di daerah Daegu.

Baca Juga: Serasa di Korea! Kafe dengan Hiasan Teddy Bear Lucu Ada di PIK



Simak Video "Bikin Laper: Pedas Nikmat Ayam Geybok Bang Jarwo"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT