10 Tips Diet Korea yang Efektif Turunkan Berat Badan Tanpa Siksaan

ADVERTISEMENT

10 Tips Diet Korea yang Efektif Turunkan Berat Badan Tanpa Siksaan

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Sabtu, 15 Okt 2022 07:00 WIB
10 Tips Diet Korea yang Efektif Turunkan Berat Badan Tanpa Siksaan
Foto: Getty Images/iStockphoto/Nungning20
Jakarta -

Wanita Korea Selatan terkenal dengan tubuhnya yang ramping. Mereka lakukan tips diet berikut demi dapat bobot ideal. Hasilnya efektif dan tanpa siksaan. Contek yuk!

Membicarakan pola diet, banyak orang berkaca pada kesuksesan wanita Korea Selatan dalam menurunkan berat badan. Korean diet atau pola diet ala Korea pun mengundang penasaran banyak pelaku diet.

Mereka penasaran dengan tips menurunkan berat badan yang efektif dan tanpa rasa sakit. Ternyata tips diet mereka tergolong simpel dan mudah dicontek.

Mengutip Lingua Asia (4/10), inilah 10 tips diet Korea efektif turunkan berat badan dan tanpa siksaan:

1. Ganti minuman manis dengan teh hijau

Bukan rahasia lagi kalau orang Korea hobi minum teh. Mereka mengonsumsi teh hijau yang bagus untuk diet, alih-alih minuman manis yang picu kegemukan.

Untuk diketahui, teh hijau mengandung vitamin C 5-8 kali lebih banyak dari pada lemon. Zat gizi ini juga bantu menurunkan berat badan. Teh hijau idealnya tidak diseduh dengan air mendidih, tetapi air hangat bersuhu 70 C selama 20-30 detik. Hal ini untuk mempertahankan antioksidan di dalamnya.

2. Makan sup sehat

Dalam kuliner Korea, ada banyak olahan sup dan stew yang tergolong sehat. Menu ini cocok dikonsumsi pelaku diet.

Misalnya miyeokguk yang dibuat dari rumput laut kering, potongan daging sapi, kecap asin, dan minyak wijen. Mengonsumsinya juga bagus untuk kesehatan secara menyeluruh karena kaya vitamin A, C, dan E. Pilihan lain adalah sup kimchi (kimchi jjiggae), gookbab, hingga mandoo gook.

3. Ragam makanan pendamping bergizi

10 Tips Diet Korea yang Efektif Turunkan Berat Badan Tanpa SiksaanFoto: Getty Images/iStockphoto/Nungning20

Kuliner Korea juga identik dengan makanan pendamping (banchan) yang banyak. Banchan biasanya disajikan dalam mangkuk mungil dengan jenis yang sangat beragam.

Banchan tergolong sehat karena utamanya dibuat dari sayuran. Misalnya tauge, bayam, zucchini, kentang, terung, dan tentu saja kimchi. Mengonsumsi banchan selain meningkatkan rasa makanan, juga menambah asupan nutrisi.

4. Konsumsi daging dengan sayuran sebagai 'pembungkus'

Pencinta makanan Korea tentu sudah tak asing dengan sayuran pembungkus daging (ssam) atau kerap disebut veggie wrap. Mengonsumsi daging dengan cara ini tak hanya bikin rasanya makin enak, tapi juga memberi asupan serat. Untuk diketahui, serat penting dalam diet untuk menciptakan rasa kenyang lebih lama.

Jenis daun untuk ssam sangat banyak. Beberapa yang populer adalah selada, daun perilla, daun mustard, dan daun buah bit.

5. Pilih makanan utuh

10 Tips Diet Korea yang Efektif Turunkan Berat Badan Tanpa SiksaanFoto: Getty Images/iStockphoto/Nungning20

Kunci diet sukses adalah memperbanyak konsumsi makanan utuh (whole food), bukan olahan. Menu ini bisa dengan mudah ditemukan di Korea Selatan. Misalnya, ubi jalar yang kerap jadi pengganti nasi. Makan ubi mengenyangkan dan tergolong rendah kalori.

Orang Korea Selatan juga terbiasa makan biji-bijian utuh, bahkan dijadikan campuran nasi. Produk bijian untuk dicampur nasi kini juga mudah ditemukan di supermarket Indonesia dengan kemasan per 1 kali pakai yang praktis.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT