ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Bedanya Kopitiam Vs Coffee Shop, Kamu Pilih yang Mana?

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 22 Nov 2022 07:00 WIB
Kopitiam, tempat ngopi populer di Singapura, Malaysia, dan Indonesia.
Foto: Getty Images/iStockphoto/szefei
Jakarta -

Tempat ngopi favorit banyak orang dibedakan antara kopitiam dan coffee shop. Kedua tempat ngopi ini memiliki perbedaan, mulai dari alat pembuat kopi hingga jenis kopi yang digunakan.

Kopitiam menjadi tempat ngopi populer pada zaman dulu. Meski penuh dengan kesederhanaan, kopitiam mampu memanjakan penikmat kopi dengan racikannya yang tradisional.

Seiring dengan berkembangnya zaman, coffee shop menjamur di kota-kota besar. Mulai dari gerai ternama yang banyak cabangnya di beberapa negara hingga coffee shop lokal skala kecil menengah.

Kedua tempat ngopi ini sangat populer. Keduanya jelas memiliki perbedaan. Tak hanya dari zamannya, tapi juga kopi yang disajikan kepada pelanggan.

Melansir dari berbagai sumber, salah satunya Makan Sutra, berikut perbedaan antara kopitiam dan coffee shop:

Baca Juga: 5 Kedai Kopi Legendaris di Jakarta yang Tawarkan Kopi Harum Nikmat

Kopitiam: racikan kopi tradisional ala Melayu

San Kheu Jong KopitiamSan Kheu Jong Kopitiam Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Kopitiam adalah tempat ngopi yang dekat dengan budaya China dan Melayu. Tempat ngopi ini banyak ditemui di Singapura, Malaysia, China, termasuk Indonesia. Kopitiam sendiri memiliki arti kopi dan tiam yang dalam bahasa China berarti toko atau warung.

Kopitiam banyak tersebar di kawasan Pecinan, di mana banyak orang keturunan China tinggal. Seperti tempat ngopi pada umumnya, kopitiam digunakan untuk nongkrong atau bersosialisasi sambil menikmati kopi.

Jika datang ke kopitiam, kamu bisa merasakan kesederhanaan dan nyamannya tempat ini. Berbeda dari coffee shop yang lebih modern, kopitiam masih menawarkan racikan kopi tradisional yang menggunakan alat racikan berupa teko dengan saringan untuk menyisihkan ampasnya.

San Kheu Jong KopitiamSan Kheu Jong Kopitiam Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Racikan kopi o kosong yang paling populer di kopitiam, berupa kopi hitam polos. Menu lainnya ada kopi peng yang berarti kopi hitam panas dengan gula. Jika ditambahkan susu, dikenal dengan sebutan kopi coffee, kopi c, dan yuan yang ditambahkan teh.

Kalau menikmati secangkir kopi o atau kopi c di kopitiam, biasanya juga ditemani makanan pendamping. Ada menu seperti telur setengah matang dan roti panggang dengan olesan selai srikaya atau kaya toast.

Baca Juga: Toko Kopian : Kopitiam Murah Kekinian Bergaya Vintage di Cikini



Simak Video "Ngopi Santai di Rooftop Mal Sambil Menikmati City View"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT