ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

5 Kedai Kopi Legendaris di Jakarta yang Tawarkan Kopi Harum Nikmat

Yenny Mustika Sari - detikFood
Sabtu, 03 Sep 2022 07:00 WIB
Kedai kopi di Penang kenai biaya untuk pelanggan yang tak memesan minuman.
Foto: iStock
Jakarta -

Pencinta kopi di Jakarta wajib mengunjungi beberapa kedai legendaris untuk menikmati seduhan kopinya. Ada kedai kopi sejak 1927 yang masih eksis hingga saat ini.

Tempat ngopi berupa kafe banyak tersebar di Jakarta. Konsepnya modern dan biasanya dilengkapi fasilitas yang membuat pelanggan betah berlama-lama di sana.

Selain yang modern, para pencinta kopi juga wajib mengunjungi beberapa kedai kopi yang legendaris di Jakarta. Seperti Kopi Es Tak Kie, Kopi Warung Tinggi PD, Kong Djie, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: Kopi Khas Medan Terkenal Harum Aromanya, Ada di 4 Kedai Legendaris Ini

Berikut 5 kedai kopi legendaris di Jakarta yang masih kondang hingga sekarang:

1. Kopi Es Tak Kie

kedai kopi legendaris di Jakartakedai kopi legendaris di Jakarta Foto: Instagram @devinatashaa

Gang Gloria yang berlokasi di Glodok, Jakarta Barat terkenal sebagai kawasan kuliner legendarisnya. Kesan klasik dapat dirasakan setiap mengunjungi rumah makan yang ada di sana.

Salah satu yang terkenal adalah Kopi Es Tak Kie. Kedai kopi ini disebut-sebut menjadi yang tertua di Jakarta. Telah berdiri sejak tahun 1927 yang saat ini usianya 95 tahun.

Nyaris satu abad Kopi Es Tak Kie menyapa para penikmat kopi di kedainya yang sederhana. Menu kopi yang dapat dipesan adalah kopi hitam atau kopi susu dalam kondisi panas dan dingin. Harganya dibanderl mulai dari Rp 22.000 - Rp 28.000.

2. Kopi Warung Tinggi PD (Tek Sun Ho)

kedai kopi legendaris di Jakartakedai kopi legendaris di Jakarta Foto: Instagram @suzanawonanto

Kopi Warung Tinggi PD juga bisa menjadi andalan pencinta kopi untuk membeli kopi giling harum nikmat. Dulunya kedai ini bernama Tek Sun Ho, namun diganti menjadi nama Indonesia saat zaman orde baru.

Kedai kopi ini berlokasi di Jalan Tangki Sekolah No. 6, Mangga Besar. Sebenarnya tak jauh dari Kopi Es Tak Kie, tapi lokasinya agak tersembunyi.

Konon, kedai Kopi Warung Tinggi PD ini adalah yang tertua di Indonesia. Sejak tahun 1878 telah berdiri dan saat ini berusia kurang lebih 144 tahun.

Baca Juga: 5 Kedai Kopi Unik di Depok, Bisa Dengar Musik hingga Santai di Rumah Jawa



Simak Video "Sejarah Kebun Kopi Tertua di Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT