Perjuangan Pemuda Ini Jual Sambal Beromzet Ratusan Juta untuk Bantu Orangtua

ADVERTISEMENT

Perjuangan Pemuda Ini Jual Sambal Beromzet Ratusan Juta untuk Bantu Orangtua

Riska Fitria - detikFood
Jumat, 11 Nov 2022 13:00 WIB
Perjuangan seorang pemuda saat jalani bsnis kuliner
Foto: TikTok @oelek.id
Jakarta -

Dengan modal nekat, laki-laki ini berhasil menjalani bisnis kuliner untuk membantu orangtua. Omzetnya dalam sebulan bahkan mencapai ratusan juta.

Melalui video TikTok @Oelek, Carel laki-laki berusia 24 tahun ini menceritakan perjalanannya menjalani bisnis kuliner. Itu dilakukan guna membantu usaha orangtua yang terdampak COVID-19.

"Bisnis restoran yang udah 20 tahun orangtua bangun buat membiayai semua tanggungan, menyekolahkan tiga anaknya, harus terpaksa ditutup karena pandemi COVID 2020 kemarin," ujarnya.

Kondisi tersebut membuat tidak ada pemasukan sama sekali. Karena itulah Carel memutuskan untuk membantu usaha orangtua dengan memulai bisnis kuliner.

"Sebagai anak, saya merasa punya utang budi dan tanggung jawab untuk membantu mereka," ujar Carel.

Baca Juga: Keren! Ini Kisah Sukses Pejuang Diet Turunkan BB dengan Pola Makan Tepat

Perjuangan seorang pemuda saat jalani bsnis kulinerPerjuangan seorang pemuda saat jalani bsnis kuliner Foto: TikTok @oelek.id

Kepada detikcom (10/11/22) Carel mengatakan bahwa dirinya sudah memiliki ketertarikan di dunia bisnis sejak duduk di bangku kuliah. Ia pun pernah menjalani beberapa bisnis sebelumnya.

Mulai dari reseller baju, bisnis forwarder export import, jual hampers jual cold pressed juice dan bisnis di bidang fitness. Namun sayang, semua bisnis tutup karena terdampak pandemi.

Hal tersebut juga berbarengan tutupnya restoran milik orangtuanya selama berbulan-bulan karena pandemi. "Di sana saya putar pikiran gimana caranya bisa bisnis sambil bantu orangtua," ujar Carel.

Akhirnya, Carel memutuskan untuk bisnis sambal dan resep lauk dari sang ibu. Dengan modal seadanya, Carel pun mencoba menawarkan produk tersebut secara online.

Baca Juga: Cuan! 5 Anak Muda ini Sukses Jual Makanan hingga Omzetnya Ratusan Juta

Perjuangan seorang pemuda saat jalani bsnis kulinerSuasana restoran milik orangtuanya saat terpaksa tutup karena pandemi. Foto: TikTok @oelek.id

Produknya tersebut diberi nama 'Oelek dari Ibu' yang mulai dijalani pada 2020. Produk dari Oelek tersebut dikemas menggunakan stoples kaleng. Menjalani bisnis ini pun tak semudah yang dibayangkan.

"1 tahun pertama sepi pembeli, ya ada sih yang beli tapi tidak cukup buat menghidupi saya, apalagi membantu orangtua saya. Pelan-pelan saya kembangkan," tutur Carel.

Dari yang semula hanya menawarkan sambal, kemudian Carel juga menawarkan sambal lauk siap saji. Harga yang ditawarkan berkisar antara Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu.

Menu yang ditawarkan OelekMenu yang ditawarkan Oelek Foto: Oelek

"Dari yang tadinya aku sendiri yang terima pesanan dan kirim barang ke ekspedisi, sekarang sudah ada tim yang membantu. Dulu pelanggan hanya bisa pesan via Whatsapp saja, sekarang sudah tersedia di semua situs belanja online, seperti Shopee, Tokopedia, TikTokshop, Blibli dan lainnya," tuturnya.

Beruntung, kini bisnis kulinernya pun semakin berkembang dan menarik perhatian banyak orang. Bahkan dalam sebulan omzetnya bisa mencapai ratusan juta.

"Omzet sekarang per bulannya bisa mencapai ratusan juta. Sebagian dari keuntungannya bisa dipakai untuk membantu orangtua saya juga," tutup Carel.

@oelek.id Membalas @DanzzZ semoga dimudahkan buat siapapun yang lagi menjalankan usaha😇 #makananviral #cakalangbalado ♬ Chopin Nocturne No. 2 Piano Mono - moshimo sound design

Baca Juga: Kisah Sukses Pria Tampan Penjual Gorengan Beromzet Ratusan Juta Per Bulan



Simak Video "Bikin Laper: Resto Pasta Mungil yang Hits di Kemang"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT