4 Kuliner Palembang Pilihan Jokowi, Ada yang Bikin Nambah!

ADVERTISEMENT

4 Kuliner Palembang Pilihan Jokowi, Ada yang Bikin Nambah!

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Rabu, 09 Nov 2022 14:00 WIB
4 Kuliner Palembang Pilihan Jokowi, Ada yang Bikin Nambah!
Foto: YouTube Presiden Joko Widodo
Jakarta -

Serial Jokowi Kuliner kembali ditampilkan dalam YouTube Presiden Joko Widodo. Terbaru (8/11), Jokowi merekomendasikan 4 kuliner Palembang enak pilihannya. Apa saja ya?

Serial video Jokowi Kuliner konsisten menampilkan rekomendasi kuliner enak pilihan Jokowi di berbagai daerah Indonesia. Tiap penjual makanan yang diwawancarai bakal berbagi informasi soal menu yang disajikan.

Pada video Jokowi Kuliner (8/11), hadir 4 kuliner Palembang yang difavoritkan ayah 3 anak ini. Di salah satu tempat, Jokowi bahkan sampai minta tambah menu karena ketagihan!

Apa saja ya pilihannya? Berikut 4 kuliner Palembang yang direkomendasikan Jokowi:

1. Mie Celor Asli 26 Ilir

4 Kuliner Palembang Pilihan Jokowi, Ada yang Bikin Nambah!Mie Celor Asli 26 Ilir dirintis H. M. Syafei tahun 1970-an dengan dijajakan di pikulan. Foto: YouTube Presiden Joko Widodo

Mie celor merupakan mie kaldu udang berkuah kental khas Palembang. Salah satu penjual legendarisnya, H. M. Syafei yang membuka rumah makan Mie Celor Asli 26 Ilir di Jalan Merdeka Nomor 54, Talang Semut.

Usaha ini dirintis sejak tahun 1970-an oleh H. M. Syafei dan kini dilanjutkan anaknya, Siti Hawa. Dijelaskan Hawa, mie celor merupakan menu sarapan favorit orang Palembang.

Kata 'celor' sendiri merujuk pada proses mencelup mie dalam bahasa Palembang. "Dimasak pakai air hangat gitu, itu yang dicelup-celup. Diseduh gitu (mie-nya)," kata Hawa. Mie celor disajikan dengan tauge, kuah santan dan kaldu udang, serta topping bawang goreng, kucai, telur rebus, dan udang.

"Enaknya kalau makan mie celor itu makan di tempat. Biasanya kan disajiin hangat-hangat gitu kan. Tambahannya pakai kerupuk, pakai emping, gitu," kata Hawa. Sejak dulu ia selalu mempertahankan resep mie celor yang sama. Ia tak mau menyia-nyiakan usaha sang ayah yang dirintis dari berjualan pakai pikulan.

2. RM Sarinande

4 Kuliner Palembang Pilihan Jokowi, Ada yang Bikin Nambah!Pindang baung buatan RM Sarinande yang bikin Jokowi nambah. Foto: YouTube Presiden Joko Widodo

RM Sarinande menyediakan aneka makanan khas Palembang sejak 1956. Usaha kuliner legendaris ini kini dijalankan H. Abdul Hamid sebagai generasi kedua.

Berlokasi di Jalan Mayor Ruslan Nomor 966, rumah makan ini buka sejak pukul 08.00-20.00. Menu andalannya aneka pindang. "Di sini pindang, banyak! Pindang patin, pindang baung, pindang udang, pindang tulang, pindang gabus, pindang lais," ujar Abdul Hamid. Di sini ada juga menu pepes patin, ikan seluang, sate pentul, sambal udang, hingga malbi khas Palembang.

Namun ada satu menu yang membuat Jokowi ketagihan saat makan di RM Sarinande. Menu itu adalah pindang baung. Abdul Hamid bercerita, "Waktu makan siang, Pak Jokowi makan pindang ikan baung. Pada waktu itu kita taro dua porsi, minta tambah lagi. Mungkin cocok seleranya," ujarnya.

Ditanya soal kunci sukses, Abdul Hamid berujar, "Saya meneruskan usaha orang tua dari umur 23 tahun. Belajar cara masak bagaimana, sama ibu pada waktu itu. Selain itu, jaga menu, jaga rasa. Alhamdulillah berhasil."

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



Simak Video "Cita Rasa Masakan Dapoer Muara Kenari Rekomendasi Para Pejabat"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT