ADVERTISEMENT

Bakmi Ndeso

5 Racikan Mie Khas Sumatera, Ada Mie Aceh hingga Mie Tarempa

Sonia Basoni - detikFood
Jumat, 19 Nov 2021 11:30 WIB
mie Aceh
Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Makan enak mie ndeso yang bikin kangen tak hanya ada di Pulau Jawa saja. Mie ndeso khas Sumatera juga wajib dicicip dari mie Aceh sampai mie Tarempa.

Berkunjung ke Pulau Sumatera, kamu akan menemukan kuliner yang lebih beragam dan tentunya dengan karakteristik rasa yang berbeda dari makanan di Pulau Jawa. Salah satunya dalam racikan mie tradisional.

Disebut sebagai mie ndeso, beberapa kota di Sumatera punya menu mie tradisional yang khas. Seperti di Aceh, yang terkenal dengan Mie Aceh yang digemari di seluruh Indonesia. Dengan ciri khas mie kuning basah yang dimasak dengan 22 rempah asli.

Begitu juga dengan Mie Tarempa khas Kepualuan Riau, yang menyambut lidah setiap orang dengan sensasi asam manis pedasnya yang bikin nagih.

Berikut lima menu mie ndeso khas Sumatera yang bisa jadi pilihan menu makan enak bagi penggemar mie tradisional.

Baca Juga: Bahan dan Bumbu Sederhana Diolah dengan Cara Tradisional yang Selalu Ngangeni

1. Mie Tarempa

Wisata kuliner khas Kepulauan Anambas5 Racikan Mie Khas Sumatera, Ada Mie Aceh hingga Mie Tarempa Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikcom

Jalan-jalan ke Kepulauan Riau jangan lupa cici menu Mie Tarempa yang berwarna merah pekat mempesona. Mie tradisional yang hits di Riau ini selalu jadi incaran setiap wisatawan jika berkunjung daerah sana, terutama ke Tarempa, Anambas.

Menu yang satu ini dibuat dari Mie Tarempa, dengan pilihan mie kering, mie basah kuah sedikit (nyemek) atau mie kuah. Ciri khasnya di sini bukan menggunakan irisan daging ayam atau sapi, melainkan menggunakan ikan tongkol saja dan tambahan tauge.

Rasa kuahnya juga merah dengan sensasi pedas asam manis yang nikmat. Tapi seiring berjalannya waktu, Mie Tarempa kini disajikan dengan pilihan topping lain seperti topping seafood, daging sapi dan masih banyak lagi.

2. Mie Aceh

mie Aceh5 Racikan Mie Khas Sumatera, Ada Mie Aceh hingga Mie Tarempa Foto: (Syanti/detikcom)

Populer sejak dulu, tak sulit untuk menemukan kedai Mie Aceh di berbagai kota di Indonesia. Tak heran mie ndeso dari Aceh ini cukup menjuarai racikan mie tradisional dari Sumatera. Mie Aceh dibuat menggunakan mie kuning basah, dengan tekstur yang sedikit lebih besar dan tebal dibandingkan mie telur.

Di Aceh sendiri, racikan mie ndeso yang satu ini dibuat menggunakan 22 rempah asli yang tentunya disesuaikan dengan selera setiap orang ketika dibuat di kota lain.

Rasanya yang paling dominan dari Mie Aceh ini adalah gurih dan pedas. Mie Aceh disajikan dengan topping sesuai selera seperti daging sapi atau udang dan seafood, disajikan juga potongan bawang merah dan mentimun yang segar.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT