ADVERTISEMENT

Bakmi Ndeso

Bakmi Godog hingga Mie Lethek, 5 Sajian Mie Ndeso Paling Favorit di Jawa Tengah

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 16 Nov 2021 18:30 WIB
mie ongklok
Foto: Dok. detikFood
Jakarta -

Kota-kota di pulau Jawa punya banyak racikan mie. Seperti bakmi godog, mie lethek, hingga mie ongklok yang terkenal lezat dan jadi favorit di Jawa Tengah.

Meskipun diklaim dari China, nyatanya mie sangat digemari di pulai Jawa. Bahkan mie diracik dengan bumbu dan bahan lokal dan citarasa tradisional yang kental.

Seperti di Jawa Tengah dan sekitarnya, kamu akan sangat mudah menemukan hidangan mie yang enak. Ada bakmi godog, mie ongklok, hingga mie lethek yang rasanya khas.

Ragam racikannya juga unik. Ada yang digoreng hingga disajikan dengan kuah gurih kental. Bahan pelengkapnya tak hanya menggunakan daging, tapi ada juga yang menggunakan tahu.

Berikut 5 mie ndeso enak yang populer di Jawa Tengah.

1. Bakmi Godog

Sumber Asli Cipete, Cicip Nasi Krawu dan Bakmi GodogSumber Asli Cipete, Cicip Nasi Krawu dan Bakmi Godog Foto: detikFood / Yenny Mustika Sari

Kulineran di Jawa Tengah atau Yogyakarta tak ada habisnya, ada hidangan mie yang terkenal di sana. Adalah bakmi godog atau mie godok. Hidangan ini sebenarnya hanyalah mie rebus, namun dicampurkan beragam bahan pelengkap dan kuahnya kental.

Mie yang digunakan adalah mie basah atau mie telur. Agar racikannya makin nikmat ditambahkan ayam kampung suwir dan telur bebek yang diaduk merata bersama bumbunya. Aneka sayuran juga ditambahkan ke dalam bakmi godog, seperti sawi hijau, irisan kol, daun bawang, seledri, hingga tomat.

Bakmi godog ini rasanya gurih dan berkuah keruh yang rasanya gurih. Paling nikmat kalau disantap selagi hangat. Untuk menikmatinya, di Yogyakarta ada Bakmi Mbah Gito yang sudah terkenal dan legendaris.

2. Mie Ongklok

mie ongklokmie ongklok Foto: Dok. detikFood

Hidangan mie ndeso yang nikmat juga bisa ditemui di kawasan Dieng, tepatnya di Wonosobo, Jawa Tengah. Nama hidangan mie ini dikenal dengan nama mie ongklok. Untuk sajian ini, mie yang digunakan adalah mie basah dan diolah dengan kuah.

Kuah mie ongklok sangatlah unik, karena bertekstur kental yang terbuat dari campuran tepung kanji (sagu). Kuah kental ini disebut sebagai loh. Mie ongklok juga disajikan dengan kol, daun kucai, dan taoge.

Satu porsi mie ongklok yang kuahnya kental ini juga biasa dinikmati bersama sate sapi, tempe kemul, ataupun geblek. Mie ongklok salah satu kuliner populer incaran para wisatawan di Wonosobo. Ada beberapa tempat makan mie ongklok populer, salah satunya di Mie Onglok Longkrak.

Baca Juga: 5 Fakta Mie Gacoan yang Ribut dengan Driver Ojol di Yogyakarta

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT