8 Mitos Gerhana Bulan Seputar Larangan Makan

ADVERTISEMENT

8 Mitos Gerhana Bulan Seputar Larangan Makan

Riska Fitria - detikFood
Selasa, 08 Nov 2022 19:00 WIB
Larangan makan saat gerhana bulan
Foto: iStock
Jakarta -

Konon, fenomena gerhana bulan memiliki banyak mitos seputar makanan. Dipercaya bisa menghilangkan bakteri pada makanan hingga larangan untuk makan.

Malam ini (08/11/22) akan terjadi fenomena gerhana bulan total. Fenomena yang cukup langka ini sudah dipastikan oleh ahli astronomi dan astrofisika Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Thomas Djamaluddin.

Fenomena gerhana bulan total ini dapat dilihat di wilayah Indonesia dan beberapa wilayah di India. Secara ilmiah, gerhana bulan adalah fenomena terhalangnya cahaya matahari oleh bumi.

Karenanya tidak seluruh cahaya bulan bisa sampai ke permukaan bulan. Ini terjadi ketika bumi, bulan dan matahari berada dalam satu garis lurus, sehingga bulan akan masuk seluruhnya ke dalam bayangan inti atau umbra Bumi.

Meskipun para ilmuwan telah menemukan penjelasan secara ilmiah mengenai fenomena gerhana bulan total, tetapi masih ada mitos yang berkembang di masyarakat.

Beberapa diantara seputar makanan seperti berikut:

1. Bisa Menghilangkan Bakteri pada Makanan

Larangan makan saat gerhana bulanMitos saat gerhana bulan masyarakat akan menjemur makanan untuk menghilangkan bakteri. Foto: iStock

Dikutip dari Hindustan Times, masyarakat India percaya bahwa sinar bulan dan matahari ketika terjadi gerhana membawa bentuk ultraviolet khusus yang bisa membunuh mikroorganisme dalam makanan.

Karenanya, ketika gerhana bulan terjadi masyarakat India akan menjemur bahan makanan mereka di halaman rumah agar makanan mereka terbebas dari penyakit.

Baca Juga: Ternyata 5 Bahan Pelengkap Ini Paling Dibenci Orang Saat Makan Bakso

2. Wanita Hamil Tidak Boleh Potong Apel

Mitos gerhana bulan erat kaitannya dengan pantangan-pantangan wanita hamil. Masyarakat India percaya bahwa saat gerhana bulan, wanita hamil tidak boleh memotong apel.

Jika dilakukan, bayi yang ada di dalam kandungan akan terlahir tanpa jari, seperti yang dikutip dari Times of India.

3. Dilarang Makan

Larangan makan saat gerhana bulanLarangan makan saat gerhana bulan Foto: iStock

Makan saat terjadinya gerhana bulan juga dilarang berdasarkan mitos yang dipercaya masyarakat India. Disebutkan dalam kitab suci mereka bahwa makan saat gerhana bisa menyebabkan banyak penyakit.

Dalam kitab tersebut disebutkan bahwa mereka yang pernah menyajikan makanan selama gerhana bulan berlangsung akan mengalami gangguan kesehatan sesudahnya.

Baca Juga: 7 Makanan Korea Terpopuler di Indonesia, Dijual Sampai di Kaki Lima!

4. Makan Minimal 2 Jam Sebelum Gerhana Bulan

Menurut metode pengobatan tertua yang dipraktekkan di India atau yang disebut dengan Ayurveda, seseorang boleh makan minimal 2 jam sebelum terjadinya gerhana bulan.

Makanan yang dipilih harusnya yang mudah dicerna. Selain itu juga disarankan minum teh detoks dan suplemen yang bisa bagus untuk sistem imun tubuh. Seperti air dengan rendaman jeruk lemon.



Simak Video "Mencicipi Brownies FUDGYBRO dengan Cokelat Lumer"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT