Pendiri Snack Mie 'Mamee' Meninggal Dunia di Usia 96 Tahun

ADVERTISEMENT

Pendiri Snack Mie 'Mamee' Meninggal Dunia di Usia 96 Tahun

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Selasa, 08 Nov 2022 11:30 WIB
Pendiri Snack Mie Mamee Meninggal di Usia 96 Tahun
Foto: World of Buzz
Jakarta -

Pang Chin Hin adalah sosok pendiri snack Mamee yang populer dari Malaysia. Ia dikabarkan meninggal dunia pada Sabtu (5/11) dalam usia 96 tahun.

Mamee tentu tidak asing untuk kebanyakan masyarakat Indonesia. Snack berupa mie kering siap santap ini jadi favorit banyak orang.

Rasanya gurih dan renyah sehingga bisa bikin ketagihan, apalagi Mamee hadir dalam berbagai varian rasa. Ada lada hitam, ayam, BBQ, hingga pedas.

Snack ini punya sejarah panjang. Berawal dari pengusaha bernama Pang Chin Hin yang mendirikan pabrik mie instan kecil di Melaka pada 1971.

Mengutip situs resmi Mamee (8/11), produk pertama mereka diluncurkan pada 1972. Produk itu berupa mie instan dan bihun merek Lucky.

Pendiri Snack Mie 'Mamee' Meninggal di Usia 96 TahunSnack mie 'Mamee' begitu terkenal di Malaysia hingga ke mancanegara. Foto: World of Buzz

Perjalanan berlanjut hingga 1974 dimana Pang Chin Hin memproduksi snack mie kering. Ia terinspirasi para penyadap karet yang makan mie instan langsung dari kemasannya.

Pang Chin Hin lantas mengarahkan produksi mie mereka ke cara baru. Ia dan tim meluncurkan snack mie kering bernama Mamee.

Nama 'Mamee' diambil karena terdengar seperti 'Mami' alias ibu. Harapannya produk ini punya koneksi kuat dengan pembelinya layaknya ibu dengan anak.

Seiring waktu, produk Mamee mendunia. Tak hanya terkenal di Malaysia dan negara Asia lain, tapi juga sampai ke Amerika Utara, Eropa, Afrika, dan masih banyak lagi, lapor World of Buzz (7/11).

Pendiri Snack Mie 'Mamee' Meninggal di Usia 96 TahunPang Chin Hin, pendiri Mamee meninggal dalam usia 96 tahun. Foto: World of Buzz

Namun kabar duka baru saja datang dari Mamee. Pendirinya, Pang Chin Hin meninggal dalam usia 96 tahun pada Sabtu, 5 November 2022 pukul 06.03.

Dilansir dari Mothership (7/11), Pang meninggalkan 3 anak laki-laki, 3 anak perempuan, dan banyak cucu hingga cicit. Semua 5 generasi Pang hidup di bawah satu atap hingga dirinya meninggal.

Anak Pang Chin Hin yaitu Pang Tee Chew menjadi penerusnya. Ia menjabat sebagai CEO dan direktur Perusahaan Mamee-Double Decker. Sementara sang cucu, Pierre Pang adalah CEO grup perusahaan.

Selama 51 tahun berdiri, Mamee telah memproduksi lebih dari 50 merek snack mulai dari berbagai mie instan, mie snack Monster, Mister Potato, dan Double Decker.

Pada 2015, Mamee membuka toko konsep di Melaka bernama Mamee Jonker House. Di sini para penggemar dapat merasakan bagaimana snack mie populer itu dibuat, membeli merchandise, dan makan di kafe.



Simak Video "Mie Sedaap Korean Spicy Chicken Asal RI Ditarik Hong Kong, Ini Alasannya"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT