Serupa Tapi Tak Sama, Kenali Perbedaan Siomay Dimsum dan Siomay Bandung

ADVERTISEMENT

Serupa Tapi Tak Sama, Kenali Perbedaan Siomay Dimsum dan Siomay Bandung

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 20 Okt 2022 17:00 WIB
Serupa Tapi Tak Sama, Kenali Perbedaan Siomay Dimsum dan Siomay Bandung
Foto: Getty Images/mtreasure
Jakarta -

Lembut hangat siomay dimsum dan siomay Bandung tak bisa dilupakan. Ternyata kedua makanan ini punya perbedaan. Simak perbedaan dimsum dan siomay ini agar tak keliru.

Makanan yang berasal dari China bernama dimsum dan siomay populer untuk orang Indonesia. Adonannya yang lembut ditambah saus pelengkap yang makin menambah lezat rasanya.

Siomay sebenarnya merupakan salah satu jenis dimsum. Dimsum merupakan sebutan untuk makanan kecil yang diolah dengan cara dikukus, dipanggang hingga digoreng. Dimsum dari China Selatan ada ratusan jenisnya. Tetapi di Jawa Barat, ada siomay yang disajikan dengan saus kacang yang disebut siomay Bandung.

Dimsum diidentifikasi sebagai olahan ayam dan tepung yang disajikan dengan saus cocolan saus cabe. Sedangkan hidangan yang biasa disebut siomay Bandung oleh mayoritas orang Indonesia identik dengan siomay yang disajikan dengan sambal kacang. Simak perbedaan antara dimsum dan siomay ini agar kamu tak lagi terkecoh.

Berikut ini 5 perbedaan siomay dimsum dan siomay Bandung yang dikutip melalui Twitter @txtdrkuliner:

Serupa Tapi Tak Sama, Kenali Perbedaan Siomay Dimsum dan Siomay BandungMenggunakan tepung yang sama, siomay dimsum dan siomay bandung memiliki komposisi yang berbeda. Foto: Getty Images/mtreasure

1. Tepung

Siomay dimsum dan siomay Bandung menggunakan campuran tepung terigu sebagai bahan dasar utamanya. Kedua siomay ini sama-sama menggunakan tepung sagu untuk mendapatkan tekstur kenyal pada adonannya.

Pada siomay dimsu, biasanya akan menggunakan lebih banyak tepung terigu dibandingkan tepung sagu dengan campuran bahan yang lainnya. Komposisi tepung terigu yang lebih banyak daripada tepung sagu membuat siomay terasa lebih padat tetapi tetap kenyal.

Sedangkan pada siomay Bandung, tepung sagu lebih banyak digunakan untuk mendapatkan tekstur yang kenyal dan lembut. Karenanya teksturnya lebih berat dan harganya lebih murah.

2. Protein

Selain jenis tepung, ada juga protein yang menjadi bahan untuk mengikat adonan pembuat siomay dimsum dan siomay Bandung. Protein ini berasal dari protein hewani seperti ikan maupun daging ayam yang sudah dibuang tulangnya.

Siomay dimsum banyak dibuat dengan menggunakan ayam atau udang sebagai protein utamanya. Tetapi tidak sedikit juga yang membuat siomay dimsum dengan campuran daging ikan, sapi ataupun babi.

Sedangkan untuk siomay Bandung lebih sering menggunakan daging ikan sebagai protein utamanya. Ikan tenggiri, ikan ekor kuning, barakuda dan ikan kerapu menjadi jenis ikan yang paling banyak diolah untuk siomay.

Perbedaan siomay dimsum dan siomay Bandung lainnya ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Siomay Dua Putera Mang Ujang, Sehari Ludes Terjual dalam 2 Jam"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT