Slurpp! Pedas Segar Kuliner Pindang Koyong Khas Banyuwangi

ADVERTISEMENT

Slurpp! Pedas Segar Kuliner Pindang Koyong Khas Banyuwangi

Ardian Fanani - detikFood
Selasa, 18 Okt 2022 14:00 WIB
Pindang Koyong  Kuliner Ikan Berkuah Segar dan Pedas Khas Banyuwangi
Foto: Ardian Fanani
Jakarta -

Banyuwangi terkenal dengan kuliner berbahan hasil laut. Jika ingin yang berkuah gurih, pedas, dan segar untuk makan siang, coba cicipi pindang koyong yang istimewa ini.

Pindang koyong umumnya dibuat dari ikan hasil pancingan atau sesuai selera seseorang. Ukuran ikan yang dipakai biasanya tidak terlalu besar atau kecil.

Salah satu ikan populer untuk pindang koyong adalah ikan layang. Seperti halnya yang dipakai Sukirno, pemilik Warung Paju Gandrung yang menjual menu ini.

Pindang koyong sendiri dibuat dari berbagai bumbu dapur seperti seperti bawang putih, bawang merah, kunyit, cabai rawit, tomat. Agar menu ini semakin segar pindang koyong ini juga dilengkapi serai, daun jeruk dan belimbing wuluh.

Baca Juga: Palapa Sampan, Kuliner Khas Nelayan Banyuwangi yang Sedang Tren

Pertama-tama ikan direbus dengan beberapa bumbu seperti serai, lengkuas, daun jeruk, dan cabai. Perebusan ikan dengan bumbu ini menjadikan ikan lebih wangi sebelum pengolahan selanjutnya.

Pindang Koyong  Kuliner Ikan Berkuah Segar dan Pedas Khas BanyuwangiSukirno mengatakan pindang koyong merupakan masakan khas Banyuwangi. Masakan berkuah ini paling pas dinikmati saat makan siang. Foto: Ardian Fanani

Ikan rebus kemudian dimasak kembali. Bumbu-bumbu halus, kunyit, bawang putih dan merah, cabai, tomat, jahe, kemiri, dan jangan lupa saat penumisan ditambahkan belimbing wuluh yang diiris. Baru dimasukkan ikan rebus ke dalam tumisan bumbu. Beberapa bumbu bisa juga diiris sesuai selera, seperti cabai dan tomat.

Penambahan bahan berupa jahe, daun jeruk, dan kunyit punya manfaat selain menambah rasa. Hal ini menjadikan bau amis dan anyir ikan jauh berkurang.

Sukirno mengatakan pindang koyong merupakan masakan khas Banyuwangi. Masakan berkuah ini paling pas dinikmati saat makan siang.

Baca Juga: Pedas Nagih! Ini 4 Sego Tempong Paling Maknyus di Banyuwangi

Ia mengaku pindang koyong adalah menu terfavorit pengunjung warungnya. Setiap hari, pengunjung yang datang lebih banyak memilih menu ini. Dalam sehari-rata-rata bisa terjual 25 porsi pindang koyong. Jumlah ini meningkat berkali-kali lipat.

Pindang Koyong  Kuliner Ikan Berkuah Segar dan Pedas Khas BanyuwangiIa mengaku pindang koyong adalah menu terfavorit pengunjung warungnya. Foto: Ardian Fanani

"Kebetulan Banyuwangi ini merupakan kota wisata, sehingga peminat pindang koyong di tempat saya lebih banyak dari luar kota," jelasnya.

Salah satu pengunjung Warung Paju Gandrung, Ilman Adi (34), mengatakan, ketagihan pindang koyong. Seperti apa pendapatnya? Baca artikel selengkapnya DI SINI.

Baca Juga: Slrupp! Pindang Koyong, Kuliner Ikan Berkuah Segar dan Pedas Khas Banyuwangi



Simak Video "Gurih Pedas Seblak Iga Sapi Jumbo "
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT