ADVERTISEMENT

Kenapa Ya Rasa Makanan di Restoran Rasanya Lebih Enak?

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Jumat, 07 Okt 2022 13:00 WIB
Kenapa Ya Rasa Makanan di Restoran Lebih Enak?
Foto: Getty Images/iStockphoto/KuzminSemen
Jakarta -

Saat santap di restoran, banyak orang setuju bahwa makanan yang disajikan rasanya lebih enak. Meskipun sebenarnya sering dibuat sendiri di rumah. Kenapa hal ini bisa terjadi?

Pengalaman makan di restoran selalu ditunggu-tunggu banyak orang. Menikmati sajian buatan chef yang disiapkan dengan apik terasa menyenangkan, padahal menu yang dipesan mungkin tak jauh berbeda dengan yang dimasak sehari-hari di rumah.

Meski begitu, banyak orang merasa kalau menu restoran terasa lebih enak. Hal inilah yang membuat mereka tak segan kembali makan di sana walau harus mengeluarkan kocek lebih.

Lantas mengapa rasa makanan di restoran bisa lebih enak? Mengutip Times of India (4/10/2022), hal ini rupanya dipengaruhi berbagai hal. Berikut alasannya:

1. Keahlian Chef

Di restoran, para chef dan tim dapur memasak menu yang sama setiap hari. Kebiasaan ini membuat mereka sangat menguasai proses pembuatan menu tersebut.

Tanpa disadari, praktik ini mengarahkan mereka pada hasil masakan yang sempurna dan konsisten dari segi rasa. Hal inilah yang membuat pengunjung begitu menikmati menu buatan mereka.

2. Royal Bumbu

Kenapa Ya Rasa Makanan di Restoran Lebih Enak?Foto: Getty Images/iStockphoto/KuzminSemen

Alasan kedua adalah penggunaan bumbu yang maksimal. Menu di restoran dibuat tanpa berbagai pertimbangan atau batasan pemakaian bumbu.

Hal ini tak seperti ketika membuat masakan rumahan yang mungkin dibatasi berbagai hal. Misalnya garam dikurangi, minyak lebih sedikit, atau rempah tak terlalu banyak untuk mengakomodir selera anggota keluarga.

3. Dibuat dengan Detail

Chef di restoran juga membuat menu mereka dengan detail. Tak hanya mengukur komposisi bahan, tapi juga memastikan kualitas bahan makanan.

Demikian juga proses memasaknya dilakukan dengan langkah yang tepat sehingga menghasilkan cita rasa makanan yang sama dari waktu ke waktu dan enak.

4. Peralatan Lengkap

Kenapa Ya Rasa Makanan di Restoran Lebih Enak?Foto: Getty Images/iStockphoto/KuzminSemen

Tak bisa dipungkiri, peralatan masak yang mumpuni di dapur restoran juga membuat chef bisa menyajikan menu lebih enak. Alat ini sebagian besar tak ada di dapur rumah tangga biasa.

Jenis panci, wajan, saringan hingga oven di restoran disesuaikan dengan hasil akhir yang diinginkan. Meskipun sama-sama dipanggang tetapi jenis oven yang berbeda akan memberi hasil berbeda.

5. Teknik Memasak

Terakhir, alasan makanan di restoran terasa lebih enak adalah karena teknik memasak yang dikuasai para chef. Tak bisa dipungkiri bahwa ilmu mereka di bidang masak memasak membuatnya bisa menghasilkan masakan enak.

Sebagai contoh, saat masak, chef akan mempertimbangkan urutan mengolah bahan makanan agar semua tekstur dan rasa bahan makanan bisa tercecap maksimal nantinya. Hal yang mungkin terlihat sepele ini tidak dilakukan banyak orang ketika masak di rumah, padahal perannya sangat penting.



Simak Video "Mencicipi Hidangan Restoran Kanton Peranakan Tertua di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT