Bukan Singkong dan Bakwan! Bule Ini Tunjukkan Gorengan di Australia

ADVERTISEMENT

Bukan Singkong dan Bakwan! Bule Ini Tunjukkan Gorengan di Australia

Yenny Mustika Sari - detikFood
Kamis, 15 Sep 2022 16:05 WIB
Gorengan ala Australia
Foto: Instagram @masak2dengannick
Jakarta -

Bule bernama Nick asal Australia ini aktif memberikan informasi di Instagram miliknya. Kali ini ia memperkenalkan gorengan ala Australia. Ada nanas goreng lho!

Di Indonesia, gorengan sangat populer. Banyak penjual gorengan kaki lima yang menawarkan beragam varian, seperti tempe, tahu, risol, ubi, hingga pisang goreng.

Tak hanya di Indonesia saja, tapi di beberapa negara lainnya juga memiliki jajanan bertekstur renyah itu. Gorengan di Korea dikenal dengan sebutan twigim, sedangkan di Jepang adalah tempura.

Selain negara Asia, gorengan juga bisa kamu temui di Australia. Namun penjualnya bukan berada di pinggir jalan, melainkan di restoran fish and chips.

Baca Juga: Terungkap! Rahasia Ayam KFC Ternyata Pakai Bumbu Kontroversial Ini

Gorengan ala AustraliaGorengan ala Australia Foto: Instagram @masak2dengannick

Gorengan ala Australia ini diperkenalkan oleh bule bernama Nick. Nick kerap membuat konten memasak dan ia juga fasih berbahasa Indonesia. Ia mengunggah video tentang gorengan Australia itu ke Instagram miliknya @masak2dengannick (24/8).

"Guys di Australia kita juga ada gorengan kok. Ini semua biasa dijual di toko fish & chips alias ikan goreng tepung," ujar Nick dalam videonya.

Gorengan yang dibeli oleh Nick salah satunya adalah nanas goreng. Varian nanas goreng ini yang paling terkenal.

Gorengan ala AustraliaGorengan ala Australia Foto: Instagram @masak2dengannick

"Yang paling terkenal ini nanas goreng. Ini termasuk nanas kaleng goreng tepung, harus yang kalengan," ucapnya.

Kalau di Indonesia ada ubi goreng, di Australia ada potato scallop atau kentang goreng tepung. Ada juga chiko roll yang mirip sekali dengan lumpia goreng khas Indonesia.

Perbedaan lumpia itu terdapat pada isiannya. Jika di Indonesia biasanya diberikan isian sayuran berupa rebung atau wortel, sedangkan lumpia di Australia ini isiannya seperti ragout.

Baca Juga: Ini Klarifikasi Wanita Muslim Penjual Bakso Goreng Babi yang Bikin Heboh

Chiko roll ini ternyata gorengan asli Australia yang sudah ada sejak 1951. Nick mengungkapkan kalau hidangan ini terinspirasi dari lumpia tapi isinya berbeda. Saat mencicipi chiko roll ini, sayangnya Nick terlihat tak begitu menyukainya.

Gorengan ala AustraliaGorengan ala Australia Foto: Instagram @masak2dengannick

Meskipun di Australia ada beragam varian gorengan, pilihan Nick tetap jatuh pada gorengan Indonesia. "Maaf ya aku mah cinta gorengan Indonesia. Potato scallop dan nanas goreng sih enak tapi lumpia Semarang mah juaranya!" ungkap Nick dalam tulisan keterangan video.

Video Nick ini telah disukai oleh lebih dari 15 ribu pengguna Instagram. Beragam komentar juga ditinggalkan banyak netizen.

"Potato scallop favorit aku, 2 dollar lumayan buat ganjel perut," komentar netizen.

"Gorengan Indonesia mah emang juara nggak ada lawan," sahut netizen lain.

Baca Juga: Resep Tumis Kangkung Rebon yang Pedas Segar Untuk Lauk Makan Siang



Simak Video "Sehat banget! Sandwich Kurma Cocok untuk Berbuka"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT