ADVERTISEMENT

Ini Klarifikasi Wanita Muslim Penjual Bakso Goreng Babi yang Bikin Heboh

Riska Fitria - detikFood
Kamis, 15 Sep 2022 11:00 WIB
Wanita penjual bakso babi
Foto: TikTok @cuscaricemilan
Jakarta -

Belum lama ini viral seorang wanita muslim jualan bakso goreng babi yang menuai pro dan kontra netizen. Begini klarifikasi wanita tersebut.

Seorang food vlogger dengan akun @cuscaricemilan memperlihatkan momen kulineran di kawasan Sudirman Street Day and Night Market, Bandung, Jawa Barat.

Ia mengunjungi gerai Ping Kwang yang menawarkan bakso goreng babi. Kemudian, banyak netizen yang salah fokus dengan penjualnya yang merupakan wanita berhijab.

Ramai netizen yang mengatakan bahwa itu menentang agama. Namun tak sedikit juga yang menyebut itu tidak masalah jika ia hanya seorang karyawan dan tidak ikut makan bakso goreng babi.

Baca Juga: Wanita Muslim Jualan Bakso Babi Ini Tuai Pro Kontra Netizen

Wanita penjual bakso babiLia, seorang karyawan yang bekerja di gerai Ping Kwang yang menawarkan bakso goreng babi. Foto: TikTok @cuscaricemilan

Melalui video terbaru @cuscaricemilan, wanita penjual bakso goreng babi itu pun memberikan klarifikasinya. Dikonfirmasi detikFood (14/09/22) wanita tersebut bernama Lia.

Lia mengatakan bahwa dirinya hanyalah karyawan di gerai Ping Kwang. Ia sudah bekerja selama sekitar 3 bulan. Lia sendiri sudah berkeluarga dan memiliki 2 orang anak.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa dirinya tak pernah mengonsumsi bakso babi yang ditawarkan. "Gak pernah makan, soalnya kan tahu kalau ini mengandung babi," ujarnya.

Bahkan ia selalu memberi tahu kepada pelanggan yang hendak beli bahwa bakso yang ditawarkan ini mengandung babi, sehingga pelanggan tidak salah beli khususnya yang muslim.

Baca Juga: Mengandung Babi Tapi Tak Tertera di Kemasan, Keripik Kentang Ini Ditarik dari Toko

Wanita muslim jualan bakso goreng babiWanita muslim jualan bakso goreng babi Foto: ikTok @cuscaricemilan

"Kalau ada muslim yang beli, saya selalu kasih tau kalau ini B2," lanjut Lia.

Mengenai adanya penjelasan bahwa bersentuhan dengan daging babi bagi muslim adalah najis, Lia mengatakan bahwa ia akan menggunakan sarung tangan atau capitan untuk meminimalisir terjadinya sentuhan.

Videonya juga ramai ditanggapi netizen. Banyak netizen yang mendoakan yang terbaik untuk pekerjaan yang dipilih wanita tersebut.

"Susahnya cari kerja, semangat Kak Lia," tulis netizen.

"Sudah rezeki si tetehnya, tapi semoga mendapat jalan rezeki yang lain ya teh," tulis netizen lainnya.

@cuscaricemilan Replying to @Lia Nuryanti247 #serunyakuliner ♬ Teh Lia - KULINER BANDUNG

Baca Juga: Hati-hati! Cake dan Pastry Bisa Jadi Tidak Halal karena Bahan Ini

Saksikan juga d'Mentor On Location: Cuan 'Maut' Ekspor Ikan Hias Laut

[Gambas:Video 20detik]



(raf/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT