Wanita Muslim Jualan Bakso Babi Ini Tuai Pro Kontra Netizen

ADVERTISEMENT

Wanita Muslim Jualan Bakso Babi Ini Tuai Pro Kontra Netizen

Riska Fitria - detikFood
Selasa, 13 Sep 2022 12:30 WIB
Wanita muslim jualan bakso goreng babi
Foto: ikTok @cuscaricemilan
Jakarta -

Viral di TikTok seorang wanita muslim jualan bakso goreng yang mengandung babi. Hal itu pun menuai pro dan kontra. Ini penjelasannya dalam Islam.

Seorang food vlogger di TikTok dengan akun @cuscaricemilan memperlihatkan momen dirinya saat kulineran kaki lima. Kemudian ia mengunjungi sebuah gerai bakso goreng.

Gerai tersebut bernama Ping Kwang yang menawarkan bakso goreng dengan isian daging babi. Tak ada yang salah dengan menu makannya, hanya saja netizen salah fokus dengan si penjual.

Penjual bakso goreng babi itu merupakan wanita muslim. Di dalam video, wanita berhijab itu tampak sibuk menggoreng bakso goreng babi tersebut.

Baca Juga: Mengandung Babi Tapi Tak Tertera di Kemasan, Keripik Kentang Ini Ditarik dari Toko

Wanita muslim jualan bakso goreng babiGerai bakso goreng babi itu berlokasi di kawasan Sudirman Street Day and Night Market, Bandung, Jawa Barat. Foto: ikTok @cuscaricemilan

Dikonfirmasi detikFood (13/09/22) gerai bakso goreng babi itu berlokasi di kawasan Sudirman Street Day and Night Market, Bandung, Jawa Barat.

Ping Kwang bakso goreng babi, jualan bakso babi juga. lokasinya. Sudirman Street Day and Night Market. Bandung Jawa Barat. Bakso goreng itu dibanderol Rp 25.000 dengan isian 5 bakso.

Selain bakso goreng, gerai tersebut juga menawarkan menu bakso babi. Video itu lantas jadi viral dan menuai pro kontra dari netizen persoalan penjual bakso gorengnya.

Ada yang menyebut bahwa seharusnya si wanita muslim itu mencari pekerjaan lain yang halal. "Kaget banget lihat yang jual, bukannya muslim gak boleh ya jualan babi?," tulis netizen.

Baca Juga: Bagaimana Hukumnya Makan di Restoran yang Menjual Menu Babi?

Wanita muslim jualan bakso goreng babiWanita muslim jualan bakso goreng babi menuai pro dan kontra netizen. Foto: ikTok @cuscaricemilan

Ada pula yang mengatakan itu tak masalah selama tidak dikonsumsi. Apalagi wanita itu juga bukan merupakan pemilik gerai, melainkan hanya pelayan di sana.

"Mbaknya hanya pekerja, beliau mencari rezeki gak ada yang salah dengan mbaknya," tulis netizen lainnya.

Lantas bagaimana hal ini dalam Islam? Bagaimana hukumnya seorang muslim berjualan makanan mengandung babi meskipun ia tidak mengonsumsinya sama sekali?

Dalam dakwahnya yang disiarkan di channel YouTube Al-Bahjah TV (03/01/18) Buya Yahya menjelaskan bahwa status babi adalah najis, maka haram jika disentuh.

Wanita muslim jualan bakso goreng babiBakso goreng babi ini dibanderol Rp 25.000. Foto: ikTok @cuscaricemilan

"Allah maha tahu, niat anda insya Allah baik, niat mencari rezeki, membayar hutang dan lainnya. Yang pertama, takutlah kepada Allah. Jauhi segala keharaman," ujarnya.

Buya Yahya menyarankan untuk mencari pekerjaan di tempat lain yang lebih aman dan tidak ada urusan dengan daging babi. Namun, bukan berarti harus meninggalkan pekerjaan begitu saja.

"Selesaikanlah tugas anda dengan baik, mungkin bisa pakai sarung tangan biar gak bersentuhan dengan baik. Setelah dirasa cukup, carilah pekerjaan lainnya," tutup Buya Yahya.

@cuscaricemilan Replying to @fighting #kulinerbabibandung #makananviral #viralditiktok #kulinermalambandung ♬ suara asli - vandybenu

Baca Juga: Makan Babi Haram, Apakah Menyentuhnya Juga Haram?



Simak Video "Dua Makanan Legendaris di Blitar, Masih Menggunakan Kayu Bakar"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT