5 Alat Masak dengan Bahan Ini Tak Boleh Dibersihkan dengan Soda Kue

ADVERTISEMENT

5 Alat Masak dengan Bahan Ini Tak Boleh Dibersihkan dengan Soda Kue

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 06 Okt 2022 11:30 WIB
5 Alat Masak dengan Bahan Ini Tak Boleh Dibersihkan dengan Soda Kue
Foto: Getty Images
Jakarta -

Soda kue sering digunakan untuk membersihkan kotoran membandel pada peralatan di dapur. Ternyata ada alat masak dengan bahan tertentu yang tak boleh dibersihkan dengan soda kue.

Soda kue atau baking soda menjadi bahan pembersih yang baik untuk menghilangkan kotoran menempel yang sulit hilang. Soda kue sebenarnya adalah garam dengan senyawa ion bersifat netral dengan pH- lebih tinggi.

Soda kue juga bersifat abrasif sehingga bisa bekerja lebih baik daripada sabun biasa. Sifat abrasif ini akan menghilangkan partikel dan noda dari sejumlah permukaan.

Karena, sifat abrasif dari soda kue juga mampu merusak beberapa permukaan hingga menyebabkan perubahan warna. Sebelum digunakan, sebaiknya perhatikan bahan alat dapur apa saja yang bisa dan tidak dibersihkan dengan soda kue tersebut.

Merangkum thekitchnn.com (26/08/2021), berikut 5 alat masak dengan bahan ini tidak boleh dibersihkan dengan soda kue.

1. Peralatan Masak Aluminium

Beberapa dapur rumah tangga memiliki alat masak yang terbuat dari bahan alumunium seperti panci atau penggorengan. Jika ada noda yang sulit dibersihkan dalam alat masak ini, sebaiknya jangan menggunakan soda kue.

Mungkin soda kue menjadi pembersih baik dalam permukaan logam, tetapi tidak cocok untuk alumunium. Karena jika soda kue itu berada di permukaan terlalu lama justru akan teroksidasi. Tandanya, permukaan dari alat masak alumunium itu akan berubah warna.

2. Alat Makan dari Perak

5 Alat Masak dengan Bahan Ini Tak Boleh Dibersihkan dengan Soda KueMeskipun noda pada perak biasa bisa dibersihkan dengan soda kue dan tambahan alumunium foil, tetapi tidak cocok untuk perak. Foto: Getty Images

Sebagian orang mungkin suka mengoleksi hingga menggunakan alat makan yang terbuat dari perak. Tapi sayangnya, alat makan ini tidak bisa dibersihkan dengan soda kue.

Meskipun noda pada perak biasa bisa dibersihkan dengan soda kue dan tambahan alumunium foil, tetapi tidak cocok untuk perak. Soda kue bisa menjadi terlalu abrasif jika digosokkan pada alat perak.

Bahkan bukan hanya akan merubah warna perak menjadi pudar, tetapi juga bisa merusak lapisan atasnya.



Simak Video "Mengintip Kecanggihan Dapur Gelato Modern"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT