ADVERTISEMENT

5 Cara Tepat Menaruh Makanan di Setiap Bagian Kulkas

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 05 Okt 2022 12:30 WIB
5 Cara Tepat Menaruh Makanan di Setiap Bagian Kulkas
Foto: GRACE CANAAN
Jakarta -

Kulkas memiliki beberapa bagian yang bisa diisi dengan makanan. Tak perlu bingung untuk menempatkan makanan dimana, cobalah melakukan 5 panduan ini.

Kulkas menjadi salah satu tempat terbaik untuk menyimpan makanan, mulai dari makanan beku, makanan sisa, hingga berbagai macam buah dan sayur.

Di dalam kulkas terdapat beberapa laci atau bagian berbeda-beda tergantung dari jenis kulkas yang dipilih. Tetapi, bagian-bagian kulkas tersebut seringkali membuat bingung para pemiliknya untuk meletakkan bahan makanan dimana agar tepat.

Karena penempatan makanan bisa berdampak pada berapa lama makanan dan minuman akan tetap segar. Sehingga penting untuk mengetahui di mana tempat yang tepat untuk menyimpan kelompok makanan tersebut.

Jika masih bingung, kamu bisa mengikuti 5 panduan penempatan makanan di kulkas ini yang dirangkum dari marthastewart.com (30/09).

1. Rak Atas

5 Cara Tepat Menaruh Makanan di Setiap Bagian KulkasBagian kulkas yang paling mudah dicapai adalah rak paling atas. Karenanya rak ini menjadi bagian paling tepat untuk menaruh makanan sisa yang siap makan. Foto: Getty Images

Bagian kulkas yang paling mudah dicapai adalah rak paling atas. Karenanya rak ini menjadi bagian paling tepat untuk menaruh makanan sisa yang siap makan.

Menurut Carla L. Schwan, Ph.D., asisten profesor dan penyuluh direktur spesialis keamanan pangan di National Center for Home Food Preservation, rak paling atas harus digunakan untuk menyimpan sisa makanan dan makanan siap saji.

Hal ini dilakukan agar setiap orang bisa dengan mudah mengambil dan langsung melahapnya tanpa perlu dimasak atau diproses lebih lama. Makanan sisa atau siap saji hanya perlu dihangatkan sebentar lalu bisa langsung disantap. Contohnya seperti menaruh sisa pizza, salad, termasuk saus.

2. Rak Tengah

Sementara, rak tengah menjadi bagian terdingin dan paling konsisten dalam kulkas. Menurut Schwan, suhu dingin tersebut mampu memperlambat pertumbuhan bakteri atau organisme patogen yang menyebabkan kebusukan.

Bagian tengah kulkas tersebut bisa dipakai untuk menyimpan produk produk yang rentan busuk seperti susu, telur, dan keju.

3. Rak Bawah

Rak bawah ternyata juga memiliki suhu dingin yang stabil. Oleh karena itu, rak bawah menjadi bagian yang tepat untuk menyimpan bahan-bahan mentah seperti daging sapi mentah, daging ayam, hingga ikan.

Schwan mengungkapkan, menyimpan daging mentah di rak bawah akan mengurangi risiko kontaminasi silang dengan mencegah jus dari daging tersebut menetes ke makanan lain.



Simak Video "Durasi Simpan Bahan Makanan yang Baik di Kulkas"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT