ADVERTISEMENT

Jangan Sampai Salah! 5 Makanan Ini Tidak Bisa Dimasak di Air Fryer

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 22 Sep 2022 07:00 WIB
Bapak-bapak! Ini Lho Beda Microwave, Oven, dan Air Fryer
Foto: Getty Images
Jakarta -

Air fryer semakin banyak digunakan di dapur rumah tangga, tapi tak semua makanan bisa dimasak dengan alat itu. Ada 5 makanan yang tak bisa diolah dengan air fryer.

Sepertinya eksistensi alat masak air fryer semakin meningkat. Banyak orang berniat membeli air fryer sebagai pilihan alat masak yang lebih praktis dan dikenal lebih 'sehat'.

Air fryer memang lebih memudahkan kita dalam masak sama seperti halnya microwave atau oven, tapi tak semua makanan bisa dimasukkan atau dimasak dalam air fryer.

Ada juga beberapa makanan yang justru tidak akan bisa dimasak dengan sempurna jika harus menggunakan air fryer.

Untuk menghindari masalah ini, berikut daftar 5 makanan yang tidak boleh dimasak dalam air fryer, dirangkum dari express.co.uk (20/09).

1. Ayam Utuh

Jangan Sampai Salah! 5 Makanan Ini Tidak Bisa Dimasak di Air Fryer.Air fryer tetap memiliki kemampuan yang terbatas dalam hal memanggang atau memasak ayam.
Foto: Getty Images

Banyak orang berpikir bisa mengolah ayam utuh di air fryer. Nyatanya, hal ini tidak bisa dilakukan. Air fryer tetap memiliki kemampuan yang terbatas dalam hal memanggang atau memasak ayam.

Tergantung dari model air fryer itu juga. Ada wadah masak air fryer yang justru lebih kecil dari oven, sehingga daging atau ayam yang akan dipanggang tidak muat.

Stephanie Pixley, selaku Deputy Food Editor di America's Test Kitchen menjelaskan bahwa terlepas dari mereka muat atau tidak, memasak ayam atau daging di air fryer bisa membuatnya tidak akan matang secara merata.

Menurut ahli, sisi ayam yang akan dekat dengan sumber panas bisa lebih cepat terbakar dibandingkan sisi ayam yang jauh dari sumber panas. Karenanya air fryer dirasa kurang cocok untuk memasak ayam atau daging secara utuh.

2. Jenis Sayuran Tertentu

Beberapa orang mungkin juga suka memanggang sayuran. Tetapi air fryer bukanlah alat yang tepat untuk memasak sayuran.

Karena, jika memasak sayuran di air fryer, contohnya brokoli, nantinya sayuran itu justru akan menjadi sangat kering dan akan menghasilkan tekstur yang aneh ketika dikunyah.

Selain brokoli, sayuran seperti bayam juga tidak bisa dimasak pakai air fryer karena alat ini diketahui menggunakan teknik penggorengan udara dengan kecepatan tinggi yang bisa menghasilkan sayuran tidak akan matang merata.

Namun jika memang ingin memasak sayuran pakai air fryer, para ahli menyarankan untuk memasak sayuran beku. Karena mereka akan mempertahankan kelembaban dari esnya.



Simak Video "Wings Group Buka Suara Usai Mie Sedaap Ditarik di Singapura"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT