ADVERTISEMENT

Bapak-bapak! Ini Lho Beda Microwave, Oven, dan Air Fryer

Atiqa Rana - detikFood
Selasa, 23 Agu 2022 08:00 WIB
Bapak-bapak! Ini Lho Beda Microwave, Oven, dan Air Fryer
Foto: Getty Images
Jakarta -

Banyak alat masak kini semakin canggih. Para pria dan bapak-bapak pun jarang yang mengetahuinya. Ada microwave, oven, dan air fryer. Apa beda ketiganya?

Seiring dengan kemajuan teknologi, alat masak pun hadir dengan fitur-fitur yang canggih. Dulunya saat orang mau masak atau memanaskan makanan, pilihannya hanya bisa di kompor. Tetapi kini semuanya terasa lebih mudah karena ada alat masak baru yang praktis dan efisien.

Alat-alat masak tersebut antara lain microwave, oven, dan yang tengah populer yaitu air fryer. Ketiganya sama-sama bisa digunakan untuk memasak atau memanaskan makanan, tetapi ada perbedaan spesifik yang perlu diketahui.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut perbedaan microwave, oven, dan air fryer yang wajib diketahui agar tidak bingung lagi

1. Microwave

Bapak-bapak! Ini Lho Beda Microwave, Oven, dan Air FryerMicrowave sering dipilih sebagai alat pemanas makanan yang praktis. Tak perlu banyak usaha, hanya memasukkan makanan ke dalamnya dan tunggu beberapa waktu, makanan sudah bisa dinikmati kembali. Foto: Getty Images

Microwave sering dipilih sebagai alat pemanas makanan yang praktis. Tak perlu banyak usaha, hanya memasukkan makanan ke dalamnya dan tunggu beberapa waktu, makanan sudah bisa dinikmati kembali.

Melansir selera.id (03/08/2021), microwave sendiri adalah salah satu alat dapur yang menggunakan radiasi gelombang mikro untuk bisa menghantarkan panas pada makanan. Microwave juga bisa dipakai untuk memanggang atau memanaskan kembali makanan.

Tetapi jika ingin memasak dengan microwave, tidak boleh sembarang memasukkan wadah kedalamnya. Hindari bahan dari plastik.

Gantinya bisa dengan cara memilih bahan dari keramik atau plastik khusus sehingga wadah itu tidak ikut meleleh.

Sementara banyak sekali manfaat yang bisa didapat ketika masak dengan alat dapur ini. Mulai dari mengembalikan kehangatan makanan, merebus makanan, hingga melelehkan makanan beku.

Sementara microwave bisa melakukan banyak fungsi, bagaimana dengan oven dan air fryer?

2. Oven

Bapak-bapak! Ini Lho Beda Microwave, Oven, dan Air FryerOven menjadi alat yang bisa digunakan untuk memasak, memanggang, atau memanaskan kembali makanan. Namun jika masak pakai oven, biasanya kita harus mengatur sendiri suhu yang pas untuk makanan tersebut. Foto: Getty Images

Tak hanya microwave, oven juga sering dijadikan pilihan utama untuk memasak makanan. Tetapi masih banyak orang yang belum bisa membedakan kedua fungsi dari alat dapur ini.

Oven menjadi alat yang bisa digunakan untuk memasak, memanggang, atau memanaskan kembali makanan. Namun jika masak pakai oven, biasanya kita harus mengatur sendiri suhu yang pas untuk makanan tersebut.

Banyak orang menggunakan oven untuk memanggang, terutama mereka yang sering membuat kue. Ini karena suhu oven yang bisa diatur membuat pemanggangan kue lebih mudah.

Jika microwave menggunakan gelombang elektromagnetik, maka oven memakai energi listrik atau gas sebagai sumber panasnya. Alat ini punya fungsi lebih kompleks dalam hal memanggang dan mematangkan makanan, tidak seperti microwave yang fungsinya lebih simpel.



Simak Video "Masak Masak: Resep Pie Cokelat 3 Lapis Tanpa Oven"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT