ADVERTISEMENT

Belum Banyak Orang Tahu, Simak 5 Fakta Penting dari Kulkas Ini

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 17 Agu 2022 13:00 WIB
Belum Banyak Orang Tahu, Simak 5 Fakta Penting dari Kulkas Ini
Foto: Getty Images
Jakarta -

Kulkas menjadi alat dapur yang sangat berguna untuk menyimpan makanan agar lebih tahan lama. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika kamu memiliki kulkas.

Kehadiran kulkas seolah tak bisa dipungkiri karena bahan makanan segar maupun stok makanan bisa disimpan di dalamnya. Di tiap rumah tangga pun biasanya selalu ada kulkas.

Kulkas modern ditemukan pada tahun 1913. Lalu pada tahun 1944, sebagian besar rumah memiliki kulkas di dapur mereka.

Seiring dengan berjalannya waktu, sepertinya hampir 99,8 persen rumah-rumah sudah diisi dengan kulkas, bahkan ada yang memiliki 2 buah.

Terlepas dari manfaatnya untuk menyimpan makanan, ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai kulkas. Kulkas juga perlu untuk dirawat dan dibersihkan.

Merangkum thekitchn.com (04/08), berikut 5 hal yang perlu diketahui tentang kulkas di rumah:

1. Kulkas Perlu untuk Diganti Filternya

Belum Banyak Orang Tahu, Simak 5 Fakta Penting dari Kulkas IniUntuk menjaga udara dalam kulkas tetap segar dan bebas bau, sebaiknya mengganti filter secara teratur. Kamu bisa meminta beberapa jasa elektronik untuk menggantikan filter dalam kulkas. Foto: Getty Images

Kulkas biasanya memiliki filter yang berfungsi untuk menyaring benda-benda asing serta menjaga uap udara di lemari es.

Untuk menjaga udara dalam kulkas tetap segar dan bebas bau, sebaiknya mengganti filter secara teratur. Kamu bisa meminta beberapa jasa elektronik untuk menggantikan filter dalam kulkas.

2. Ternyata Kulkas yang Penuh Lebih Hemat Energi

Mungkin belanjaan kita memang tak sebanyak itu, sehingga masih banyak area di kulkas yang kosong. Tetapi faktanya, kulkas yang penuh justru memberi keuntungan lebih pada listrik.

Ada banyak jenis kulkas yang hadir, tetapi rata-rata menggunakan daya (watt) yang cukup tinggi. Kulkas yang memiliki lebih banyak barang didalamnya bisa lebih menghemat energi tersebut.

Tetapi sebenarnya, menyimpan makanan terlalu banyak di kulkas juga tidak baik bagi ventilasi dan sirkulasi udara pada kulkas. Jika ada penghambatan, nantinya bisa menyebabkan inefisiensi dan kemungkinan makanan bisa terkontaminasi.

Disarankan untuk mengatur kulkas dengan baik dengan menyortir barang-barang yang dibeli.



Simak Video "Durasi Simpan Bahan Makanan yang Baik di Kulkas"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT