ADVERTISEMENT

5 Mitos Alat Masak, Benarkah Teflon Bakal Rusak Saat Kena Sendok?

Atiqa Rana - detikFood
Jumat, 05 Agu 2022 08:00 WIB
5 Mitos Alat Masak, Benarkah Teflon Bakal Rusak Saat Kena Sendok.
Foto: Getty Images
Jakarta -

Banyak orang menggunakan alat masak dan alat makan yang terbuat dari besi. Tapi beredar juga banyak mitos mengenai alat ini. Bagaimana faktanya?

Alat masak atau alat makan yang terbuat dari besi kini menjadi pilihan utama banyak orang. Padahal dahulu ketika bahan ini baru memasuki dapur Asia Barat dan Mediterania Timur, hanya orang kaya yang mampu membelinya.

Namun kini peralatan itu telah menjadi alat pokok yang ada di hampir setiap rumah mulai dari wajan besi, teflon besi, hingga microwave. Penggunaannya pun telah meluas, sampai-sampai banyak mitos yang menyebutkan dampak buruk dari penggunaan alat ini.

Untuk mengetahui fakta lebih jelasnya, merangkum popsci.com (05/07), berikut 5 mitos mengenai penggunaan alat masak dan makan dari besi yang belum banyak diketahui:

1. Sabun Bisa Merusak Wajan Besi

5 Mitos Alat Masak, Benarkah Teflon Bakal Rusak Saat Kena Sendok.Banyak mitos menyebutkan bahwa alat masak ini tidak boleh dicuci dengan sabun karena sabun bisa merusak bahannya. Tetapi nyatanya hal itu salah. Foto: Getty Images

Cast iron skillet atau wajan besi adalah alat masak yang banyak dimiliki rumah tangga. Alat ini juga sering dimiliki oleh beberapa orang.

Banyak mitos menyebutkan bahwa alat masak ini tidak boleh dicuci dengan sabun karena sabun bisa merusak bahannya. Tetapi nyatanya hal itu salah.

Wajan besi memang memiliki kekuatan anti lengket yang didapatkan dari polimer elastis yang kuat untuk mencegah makanan menempel pada peralatan masak.

Sementara cairan atau sabun pencuci piring biasanya mengandung bahan yang bisa melepaskan jenis minyak tertentu.

Tetapi karena sebagian besar sabun tidak mengandung alkali atau bahan abrasif lainnya, sehingga jika mencucinya dengan cara yang benar, sabun tidak cukup kuat untuk merusak lapisan wajan.

2. Aluminium Foil Bikin Peralatan Perak Lebih Berkilau

Banyak orang mengungkapkan bahwa alumunium foil bisa membuat beberapa peralatan perak menjadi lebih bersinar.

Noda pada sendok dan garpu mewah biasanya terbentuk ketika ada molekul logam atau besi itu yang bergabung dengan gas belerang di udara.

Noda tersebut mungkin bisa sangat mengganggu. Untuk menghilangkan noda kusam, kamu bisa menggunakan alumunium foil pada mesin pencuci piring.

Ketika peralatan itu dicuci dalam air hangat dengan garam dan deterjen lalu ditaruh di atas alumunium foil, nantinya belerang pada noda akan berikatan dengan foul dan menghasilkan peralatan yang berkilau lagi.



Simak Video "Masak Masak: Mudah! Membuat Pizza ala Rumahan"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT