5 Wadah Makanan Ini Jangan Dimasukkan ke Dalam Oven Microwave

ADVERTISEMENT

5 Wadah Makanan Ini Jangan Dimasukkan ke Dalam Oven Microwave

Atiqa Rana - detikFood
Jumat, 30 Sep 2022 06:00 WIB
5 Wadah Makanan Ini Jangan Dimasukkan ke Dalam Oven Microwave
Foto: Getty Images
Jakarta -

Ketika menghangatkan makanan dalam microwave, biasanya orang akan memasukkan wadahnya juga. Tapi hati-hati, ada wadah makanan yang tidak boleh masuk ke oven microwave.

Microwave menjadi salah satu alat masak yang praktis dan mudah digunakan. Alat masak tersebut biasanya digunakan untuk menghangatkan kembali makanan atau membuat makanan instan.

Ketika menghangatkan makanan ke dalam microwave, biasanya berikut wadahnya. Terlihat praktis tetapi tidak semua wadah cocok untuk dipanaskan dalam oven microwave.

Ada beberapa wadah yang akan rusak, meleleh, mengeluarkan api dan berbahaya jika dipanaskan dalam oven microwave. Karenanya ada beberapa bahan wadah yang tak cocok untuk oven microwave.

Berikut adalah 5 wadah makanan yang sebaiknya tidak dipanaskan dalam microwave, dirangkum dari tomsguide.com (23/09)

1. Wadah Alumunium Foil

5 Wadah Makanan Ini Jangan Dimasukkan ke Dalam Oven MicrowaveMungkin alumunium foil memang bagus untuk memanggang dalam oven, tetapi tidak cocok untuk oven microwave. Foto: Getty Images

Saat ini banyak restoran atau gerai makan yang menggunakan wadah aluminium foil untuk kemasan pesanan online atau takeaway. Wadah ini juga sering digunakan ketika seseorang ingin memasak mac and cheese panggang atau ayam panggang.

Mungkin alumunium foil memang bagus untuk memanggang dalam oven, tetapi tidak cocok untuk oven microwave. Pada dasarnya, bagian dalam microwave terbuat dari logam, sehingga berfungsi seperti cermin.

Setelah wadah alumunium foil itu terkena gelombang mikro akan memantulkan panas daripada menyerapnya. Bisa menyebabkan logam terbakar dengan cepat sehingga mampu menimbulkan kebakaran hingga kerusakan serius pada microwave.

Jangan pernah masukkan aluminium foil ke dalam microwave. Pilihlah wadah atau alat masak lainnya yang memang terjamin aman untuk microwave.

2. Bungkus Kardus Cokelat

Beberapa restoran juga sering memberi bungkusan makanan yang terbuat dari kertas cokelat. Jika ingin memanaskan makanan kembali, sebaiknya dipindah ke wadah yang lebih aman terlebih dahulu.

Karena bungkus kertas cokelat standar tidak boleh dimasukkan ke dalam microwave. Jika dimasukkan, bahan ini dapat mengeluarkan asap berbahaya, bahkan dapat menyebabkan kebakaran dalam microwave.



Simak Video "Cara Mengolah Bebek yang Tepat Menghasilkan Daging Bebek yang Lembut, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT