ADVERTISEMENT

Keren! Wanita Indonesia Promosikan Ramen dan Yakiniku Halal di Jepang

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 05 Okt 2022 14:30 WIB
Wanita Indonesia promosikan makanan halal di Jepang
Foto: Instagram @azzizahreal
Jakarta -

Wanita asal Indonesia sampai diundang di TV Jepang karena berhasil memperkenalkan makanan halal ke masyarakat Jepang. Mulai dari ramen hingga saus yakiniku.

Adalah Yuni Azzizah, wanita asal Bogor yang bekerja sebagai leader di Divisi Bisnis Internasional di ariTV dan Head of Japan Halal TV, sebuah anak usaha dari media lokal yang bernama ariTV di Prefektur Miyagi.

Pada tahun 2020-2021, Yuni dipercaya sebagai pemimpin proyek pengembangan bisnis halal di wilayah Miyagi. Iapun berhasil menyusun buku panduan untuk muslim dan vegetarian.

Kepada detikcom (04/10/22) Yuni mengatakan bahwa buku panduan tersebut berisi daftar restoran-restoran yang menyediakan makanan halal untuk muslim dan juga untuk vegetarian.

Wanita Indonesia promosikan makanan halal di JepangYuni berhasil menyusun buku panduan untuk muslim dan vegetarian. Foto: Instagram @azzizahreal

Membuat Menu Halal

Wanita Indonesia promosikan makanan halal di JepangMenu ramen halal jadi salah satu menu yang diciptakan oleh Yuni dan tim di restoran Jepang. Foto: Instagram @azzizahreal

Tak hanya buku panduan saja, Yuni bersama tim juga berhasil menciptakan menu halal. Pertama ada menu ramen dengan salah satu restoran lokal di Sendai yang bernama Dashiro Nibo.

"Dengan Chef Dashio Nibo, kami membuat 3 menu ramen, yaitu Soy Sauce Ramen, Salt Based Ramen dan Miso Ramen. Ramen halal ini jadi yang pertama di Prefektur Miyagi," ujarnya.

Ramen yang kebanyakan ada di Jepang umumnya menggunakan sup babi sebagai bahan dasarnya. Jadi menurut Yuni, pembuatan ramen halal ini cukup menantang karena sup dibuat dari kaldu ikan dan topping halal yang sudah tersertifikasi halal.

Wanita Indonesia promosikan makanan halal di JepangWanita Indonesia promosikan makanan halal di Jepang Foto: Instagram @azzizahreal

Kemudian ada menu Vegan Mabo Yakisoba, sejenis mie goreng Jepang. Umumnya, Mabo Yakisoba dibuat menggunakan daging cincang. Dari penggunaan daging inilah banyak yang tidak halal.

"Jadi kami ganti dengan daging kedelai atau soy meat," paparnya.

Lebih lanjut, Yuni juga menciptakan Saus Yakiniku halal yang dibuat bersama dengan salah satu perusahaan di Ishinomaki yang bernama Yamagata Shoten.

Biasanya saus yakiniku di Jepang dibuat dengan campuran alkohol. Karenanya Yuni membuat saus yakiniku non alkohol yang lezat dan aman untuk dikonsumsi muslim.



Simak Video "Jajan Camilan di Pasar Laron, Alun-alun Batu"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT