Saat Bersihkan Lemari Dapur, 5 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Dibuang

ADVERTISEMENT

Saat Bersihkan Lemari Dapur, 5 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Dibuang

Atiqa Rana - detikFood
Minggu, 02 Okt 2022 13:00 WIB
Bahan di Pantry yang harus dibuang
Foto: Getty Images
Jakarta -

Ada beberapa bahan makanan yang tahan lama disimpan. Tetapi umumnya sudah turun kualitasnya. Karenanya saat membersihkan lemari dapur, sebaiknya dibuang saja.

Dapur menjadi salah satu tempat penyimpanan bahan-bahan makanan. Bukan hanya ada peralatan masak, tetapi persediaan makanan, hingga bumbu-bumbu pun ada yang wajib ada dan perlu disimpan lama.

Bagi mereka yang jarang memasak, mungkin ada beberapa bahan makanan yang persediaannya masih banyak. Karenanya, jarang diganti dengan yang baru dan tetap menggunakan yang masih sisa.

Hal ini memang bisa menghemat pengeluaran. Tetapi, bukan berarti bahan-bahan tersebut bisa disimpan terus-menerus. Ada beberapa makanan yang sebaiknya segera dibuang jika memang sudah terlalu lama disimpan di lemari dapur. Meskipun tak ada batas kadaluwarsanya.

Berikut adalah 5 bahan makanan di dapur yang sebaiknya dibuang jika sudah terlalu lama disimpan, dirangkum dari eatingwell.com (10/09).

1. Minyak Goreng

Bahan di Pantry yang harus dibuangMenurut USDA, minyak goreng hanya bertahan sekitar empat bulan saat disimpan tanpa dibuka. Tetapi busa menurun kualitasnya lebih cepat ketika terkena cahaya, udara, dan panas. Foto: Getty Images

Bagi mereka yang tidak terlalu sering masak, apalagi tidak suka menggunakan banyak minyak goreng mungkin punya persediaan minyak yang banyak.

Tetapi minyak itu tidak bisa terus dipakai. Menurut USDA, minyak goreng hanya bertahan sekitar empat bulan saat disimpan tanpa dibuka. Tetapi busa menurun kualitasnya lebih cepat ketika terkena cahaya, udara, dan panas.

Jika memang masih ingin digunakan, cobalah untuk memeriksanya terlebih dahulu. Bisa dengan cara menghirup apakah baunya masih normal atau muncul bau tidak sedap. Jika terasa ada bau yang kurang sedap, berarti kualitas dari minyak sudah turun dan sudah saatnya dibuang.

2. Bumbu Rempah

Rempah-rempah juga menjadi bahan yang penting di dapur, terutama yang suka memasak makanan Indonesia.

Tetapi bagi mereka yang hanya memakainya sesekali atau dua kali mungkin tidak akan cepat habis stok rempah-rempah. Secara teknis memang bumbu rempah-rempah seperti ini tidak pernah rusak, tetapi seiring waktu akan kehilangan rasanya.

Menurut USDA, bumbu rempah halus seperti itu bisa bertahan hingga empat bulan. Tetapi jika sudah melewati batas tersebut, sebaiknya dibuang agar tidak merusak rasa masakan.



Simak Video "Lada Jadi Rempah Indonesia yang Paling Diminati Pasar Internasional"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT