5 Jenis Saringan Dapur Berikut Fungsinya, Jangan Sampai Salah Ya!

ADVERTISEMENT

5 Jenis Saringan Dapur Berikut Fungsinya, Jangan Sampai Salah Ya!

Atiqa Rana - detikFood
Minggu, 02 Okt 2022 08:00 WIB
Jenis Saringan
Foto: Detikcom / E-commerce
Jakarta -

Saringan dibutuhkan dalam memasak. Biasanya dipakai untuk menyaring makanan halus hingga minyak. Ada beberapa jenis saringan dengan fungsi yang berbeda.

Dalam proses memasak, ada kalanya kita membutuhkan saringan untuk menyaring beberapa jenis bahan tertentu. Mulai dari menyaring air, kaldu, pure buah hingga minyak bekas pakai.

Sebenarnya ada beberapa jenis saringan yang memang dibuat sesuai dengan fungsinya. Saringan itu tergantung dari ukuran dan jenis pemakaiannya.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui jenis saringan berdasarkan kegunaannya. Berikut 5 jenis saringan berikut fungsi pemakaiannya:

1. Saringan Halus

Jenis SaringanFine Mesh Strainer atau saringan halus merupakan saringan halus yang lebih dikenal dengan sebutan saringan logam. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Fine Mesh Strainer atau saringan halus merupakan saringan halus yang lebih dikenal dengan sebutan saringan logam. Biasanya terbuat dari bahan stainless steel yang aman untuk makanan serta tahan lama.

Saringan logam seperti ini tidak akan mempengaruhi kualitas makanan yang disaring. Biasanya saringan halus digunakan untuk menyaring pure buah, adonan pancake sehingga aman jika digunakan untuk meniris makanan dari minyak panas.

Saringan logam seperti ini paling banyak dipakai. Selain karena fungsinya dan bahannya, tetapi karena mereka juga biasanya memiliki variasi ukuran yang beragam. Ada yang diameter 16 cm, 18 cm, dan bahkan 20 cm.

Saringan ini bisa ditemukan di di Pantry Magic, Jl. Kemang Raya dengan harga Rp 66.000 untuk ukuran 14cm, dan Rp 72.000 untuk ukuran 16cm.

2. Saringan Minyak

Jenis Saringan Saat akan disimpan sebaiknya dipakai saringan minyak untuk memisahkan kotoran yang ada pada minyak yang sudah dipakai. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Saat menggoreng dengan minyak banyak, sisa atau minyak bekasnya tak langsung dibuang. Tetapi minyak bisa beberapa kali dipakai ulang. Saat akan disimpan sebaiknya dipakai saringan minyak untuk memisahkan kotoran yang ada pada minyak yang sudah dipakai.

Biasanya berupa gelas stainless steel besar, dibagian atasnya dilengkapi dengan saringan halus dan tutup. Ada juga yang berupa gelas stainless steel bercorong dengan lubang di bagian dalamnya.

Lubang tersebut berfungsi untuk memisahkan minyak bekas pakai dan kotoran yang berupa bumbu atau remah adonan dari makanan yang digoreng. Minyak jadi bersih dan siap pakai. Tak perlu dipindah ke wadah lain. Saringan minyak ini bisa dibeli di Pantry Magic, Jl. Kemang Raya dengan harga Rp 249.000



Simak Video "Bikin Laper: Makan Bakso Pakai Sambal Barbar"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT