ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Menambahkan Susu ke Dalam Kopi Bisa Kurangi Kafein? Ini Faktanya!

Yenny Mustika Sari - detikFood
Sabtu, 24 Sep 2022 07:30 WIB
Racikan kopi susu
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Banyak orang minum kopi dengan racikan yang ditambahkan susu. Banyak yang mengira kalau tambahan susu ini akan mengurangi asupan kafein. Apakah benar?

Menu kopi susu banyak digemari penikmat kopi yang tak begitu menyukai rasa pahit. Karena tekstur creamy pada susu akan membuat sensasi rasanya lebih lembut.

Selain rasa pahit yang berkurang, banyak orang berpikir kalau susu dapat mengurangi asupan kafein pada secangkir kopi. Oleh karenanya, banyak orang yang intoleransi terhadap kafein memilih racikan kopi susu.

Lantas, apakah benar susu dapat mengurangi kandungan kafein pada kopi?

Baca Juga: 5 Tips dan Langkah Menyeduh Kopi Enak Pakai French Press

Racikan kopi susuRacikan kopi susu Foto: Getty Images/iStockphoto

Dilansir dari Full Coffee Roast (23/9), ternyata tidak ada pengaruh susu yang dapat mengurangi asupan kafein pada kopi. Susu hanya memberikan rasa yang lebih lembut dan mengurangi pahit.

Selain mengurangi rasa pahit, tambahan susu pada kopi ini juga membantu dalam menetralisir rasa asam. Beberapa kopi diketahui memiliki rasa yang sangat asam, karena tingkat pH-nya tinggi. Untuk sebagian orang, rasa kopi yang pahit dan asam ini dapat menyebabkan mulas.

Kandungan kalsium dan protein dalam susu berfungsi sebagai mekanisme pengikat. Di mana dapat membantu menetralkan atau menyeimbangkan asam. Sehingga membuat rasa kopi kurang asam, terutama kopi dengan tingkat pH lebih rendah seperti kopi dark roast.

Baca Juga: Selain Kafein, Senyawa pada Kopi Ini Juga Baik untuk Kesehatan

Racikan kopi susuRacikan kopi susu Foto: Getty Images/iStockphoto

Ditambahkannya susu ke dalam racikan kopi juga dapat membantu mencegah gigi ternoda. Kopi mengandung tanin gelap yang meninggalkan residu pada gigi hingga menodai atau mengikis email.

Ketika susu ditambahkan, kandungan kasein atau protein susu akan mengikat tanin. Sehingga mencegahnya menodai gigi atau melemahkan enamel.

Racikan kopi susu juga memberikan banyak manfaat kesehatan. Termasuk membantu mengurangi risiko penyakit alzheimer, hingga meningkatkan imunitas tubuh karena kandungan antioksidan tinggi.

Bagaimana cara mengurangi kafein pada secangkir kopi? Salah satu caranya dengan memilih jenis kopi yang tepat, seperti yang kandungan kafeinnya rendah yaitu biji kopi arabika. Faktanya, kopi arabika mengandung kafein dua kali lebih rendah daripada robusta.

Baca Juga: Agar Tak Salah Beli, Kenali Perbedaan 4 Jenis Biji Kopi Ini



Simak Video "Mencicipi Kopi di Festival Coffee Rajadesa Art and Culture"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT