Ngopi Yuk!

5 Tips dan Langkah Menyeduh Kopi Enak Pakai French Press

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Kamis, 23 Jun 2022 15:00 WIB
5 Tips dan Langkah Menyeduh Kopi Bubuk Pakai French Press
Foto: Getty Images/iStockphoto/microgen
Jakarta -

Banyak pencinta kopi menggunakan kopi bubuk untuk membuat kopi di rumah. Ada beberapa tips dan langkah untuk menyeduhnya menggunakan French press agar terasa enak seperti bikinan kafe.

Kopi bubuk banyak dipilih pencinta kopi karena memiliki kualitas lebih dari segi aroma maupun rasa. Kopi bubuk juga memiliki karakteristik tersendiri sehingga bisa dipilih sesuai selera pencinta kopi.

Untuk menyeduhnya, terdapat banyak metode manual yang bisa dipraktikkan. Salah satu yang populer, French press. Metode ini dinilai paling praktis dan mudah sehingga cocok juga bagi para pemula.

Mengutip Trees Coffee (23/6), French press memiliki nama lain Cafetiere, coffee press, press pot, atau melior. Metode ini banyak dipakai pencinta kopi rumahan untuk menyeduh biji kopi premium.

Alat seduh French press berupa gelas kaca dengan pompa pendorong (plunger) yang bisa menekan bubuk kopi ke bagian dasar gelas. Cara ini bertujuan untuk mengekstraknya.

Proses ekstrak dalam French press memungkinkan kopi memiliki rasa yang kompleks dan maksimal. Pun untuk 'body' kopi dinilai lebih kental dan aromanya lebih kuat saat diseduh dengan metode ini.

Tak hanya itu, French press memungkinkan kafein dalam kopi lebih banyak. Hal ini tentu saja berkaitan dengan manfaat sehatnya yang juga lebih bisa dirasakan.

Cara menyeduh kopi bubuk dengan French press

5 Tips dan Langkah Menyeduh Kopi Bubuk Pakai French PressMenyeduh kopi bubuk dengan French press idealnya memakai air bersuhu 90 - 96 derajat Celsius. Foto: Getty Images/iStockphoto/microgen

Berikut cara menyeduh kopi bubuk dengan French press:

Tuang sekitar 150 ml air panas ke dalam teko. Panaskan hingga mendidih, tunggu 30-45 detik, kemudian tuang air ke French press. Setelah itu bilas dan buang airnya.

Setelah French press hangat, masukkan bubuk kopi sekitar 15 gram (atau setara 3 sendok makan penuh). Tambahkan 60 ml - 150 ml air panas ke dalamnya. Aduk rata.

Setelah itu, tunggu sekitar 20 detik hingga aroma dan rasa kopi keluar. Tambahkan sisa air panas dan aduk.

Kemudian tekan plunger perlahan. Pastikan semua ampas sudah turun dan kopi sudah bersih.

Biarkan terendam selama 2 sampai 4 menit. Pakar kopi merekomendasikan kopi bubuk yang digiling halus-sedang butuh waktu 2-3 menit, sementara gilingan sedang-kasar, butuh waktu 3-4 menit.

Jika kopi sudah terlihat bersih tanpa ampas, kopi bisa langsung dituang. Kopi pun siap dinikmati.

Baca halaman selanjutnya untuk mengetahui tips menyeduh kopi dengan French press.



Simak Video "Bikin Laper: Gurih Manis Ayam Bakar yang Lagi Viral"
[Gambas:Video 20detik]