ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Bosan Es Kopi Susu, Ini Racikan Dirty Coffee yang Creamy Enak

Yenny Mustika Sari - detikFood
Senin, 20 Jun 2022 07:00 WIB
Dirty Coffee, racikan kopi kotor dari espresso ala Jepang
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Es kopi susu sudah menjadi racikan kopi populer bagi pencinta kopi. Ada dirty coffee yang layak dicicip karena rasanya tak kalah enak. Ini racikannya!

Kopi merupakan minuman nikmat yang punya banyak penggemar di Indonesia. Selain kopi hitam, ada beberapa racikan kopi yang populer yang dibuat dengan tambahan banyak bahan.

Dilansir dari Bean Poet (26/2), salah satu racikan kopi yang bisa dicoba kalau sedang bosan dengan es kopi susu adalah dirty coffee. Racikan kopi satu ini memiliki tampilan yang cukup cantik dan rasanya nikmat.

Sekilas memiliki tampilan yang mirip coffee latte dan dalgona coffee. Penasaran dengan rasanya, ada beberapa fakta menarik tentang dirty coffee.

Baca Juga: Steaknya Ditaburi Garam oleh Salt Bae, Pengunjung Ini Habiskan Rp 33,7 Juta!

Berikut fakta dirty coffee yang menarik untuk disimak:

1. Apa itu dirty coffee?

Dirty Coffee, racikan kopi 'kotor' dari espresso ala JepangDirty Coffee, racikan kopi 'kotor' dari espresso ala Jepang Foto: Getty Images/iStockphoto

Dirty coffee merupakan varian baru dari racikan minuman kopi. Sebenarnya mirip sekali dengan latte karena bahan utamanya sama, yaitu espresso dan susu.

Hanya saja memiliki penyajiannya berbeda. Kalau coffee latte, espresso ditunagkan lebih dulu baru ditambahkan susu. Sedangkan dirty coffee, susu dituangkan terlebih dahulu, baru dituangkan espresso di atasnya.

Susu yang dipakai untuk dirty coffee harus dalam kondisi benar-benar dingin. Karena untuk menciptakan ciri khas minuman berupa tampilan yang berlapis.

Lantas mengapa dinamakan dirty coffee? Karena lapisan susu dingin dan espresso yang panas akan bergabung menjadi minuman hangat. Cangkir kopi itu akan semakin terlihat kotor seiring waktu lapisan espresso turun ke permukaan susu.

2. Darimana asal dirty coffee?

Dirty coffee yang sudah cukup populer di dunia ini ternyata berasal dari Jepang. Tapi ada juga beberapa sumber yang mengklaim kalau dirty coffee berasal dari Korea.

Hampir semua coffee shop di Jepang memiliki menu ini. Hanya saja menggunakan resep dan bahan yang berbeda.

Baca Juga: Diet Tetap Bisa Makan Nasi Padang, Wanita Ini Sukses Turun 21 Kg!



Simak Video "Berawal dari Hobi Gowes, Sekalian Usaha Kopi Pakai Sepeda"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT