Agar Tak Salah Beli, Kenali Perbedaan 4 Jenis Biji Kopi Ini

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Agar Tak Salah Beli, Kenali Perbedaan 4 Jenis Biji Kopi Ini

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 05 Sep 2022 07:30 WIB
Agar Tak Salah Beli, Kenali Perbedaan 4 Jenis Biji Kopi Ini
Foto: Getty Images/iStockphoto/Songsak Paname
Jakarta -

Walaupun sama-sama hitam, biji kopi ternyata banyak jenisnya. Agar tidak salah saat beli, kenali empat jenis karakteristik biji kopi ini.

Biji kopi berasal dari tanaman kopi yang buahnya dikeringkan dan bijinya dijemur serta dipanggang. Kopi ternyata memiliki banyak jenis dengan karakteristik yang berbeda-beda.

Jenis kopi yang paling terkenal dan banyak diketahui hanya arabica dan robusta yang bahkan mendominasi penjualan kopi hingga 90% di dunia. Nyatanya biji kopi memiliki beragam jenis yang tidak hanya dua saja.

Ada juga biji kopi liberika dan excelsa yang tak banyak disajikan di kedai kopi. Agar tidak salah saat membeli kopi, sebaiknya kenali karakteristik jenis-jenis biji kopi terlebih dahulu.

Berikut ini 4 jenis biji kopi dan karakteristiknya menurut Home Grounds:

Agar Tak Salah Beli, Kenali Perbedaan 4 Jenis Biji Kopi IniBiji kopi arabika mendominasi hingga 60% penjualan pasar kopi internasional. Foto: Getty Images/iStockphoto/Songsak Paname

1. Arabika

Sejauh ini arabika menjadi jenis biji kopi yang mendominasi hingga 60% pasar kopi internasional. Biji kopi arabika dapat tumbuh subur di tanah Ethiopia dan Yaman.

Biji kopi arabika memiliki karakteristik yang lebih manis dan rasanya lebih kompleks dibandingkan dengan biji kopi lainnya. Biji kopi arabika juga memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi serta lapisan rasa yang lebih kaya.

Kopi arabika dinilai cocok dengan teknik penyeduhan pour over. Terlebih cita rasa dari biji kopi arabika sangat mudah dipengaruhi oleh lingkungan sehingga cita rasa setiap varietasnya akan unik dan berbeda.

2. Robusta

Robusta menjadi biji kopi lainnya yang ditanam terbanyak kedua setelah arabika. Biji kopi robusta cenderung lebih tahan dari gangguan hama dan penyakit yang menyerang tumbuhan.

Biji kopi robusta dikenal memiliki warna yang lebih gelap dengan karakteristik rasa yang beraroma tanah. Kandungan kafein pada kopi arabika jauh lebih banyak bahkan dua kali lipat dibandingkan dengan biji kopi arabika.

Biasanya biji kopi berjenis robusta lebih banyak diolah menjadi campuran espresso. Rasanya yang lebih pekat membuat robusta lebih dipilih untuk menghasilkan kopi dengan rasa yang lebih kuat.

Baca juga: Gegara Hal Sepele, 5 Pelanggan Ini Diusir Saat Makan di Restoran

Biji kopi lainnya bisa dilihat pada halaman berikutnya.



Simak Video "Melihat Proses Pembuatan Kopi Toraja Secara Tradisional"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT