Kompor Gas Mau Diganti, Ini Fakta Kompor Induksi yang Perlu Diketahui

ADVERTISEMENT

Kompor Gas Mau Diganti, Ini Fakta Kompor Induksi yang Perlu Diketahui

Atiqa Rana - detikFood
Jumat, 23 Sep 2022 16:30 WIB
Kompor Induksi
Foto: Getty Images

3. Perawatan Kompor Induksi

Kompor InduksiLebih baik untuk membersihkannya dengan kain bersih dicampur dengan cairan pembersih khusus keramik. Foto: Getty Images

Sebenarnya cara merawat kompor induksi lebih mudah dari kompor gas karena tidak akan ada banyak uap atau minyak yang menyebar di sekitarnya. Namun tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Permukaan kompor induksi biasanya terbuat dari kaca atau keramik. Oleh karena itu, jangan bersihkan kompor induksi dengan sabut logam atau spons cuci piring yang kasar karena mampu menimbulkan goresan.

Lebih baik untuk membersihkannya dengan kain bersih dicampur dengan cairan pembersih khusus keramik.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan alat masak yang digunakan. Jangan menggunakan alat masak yang bagian bawahnya sudah menghitam. Alat masak seperti itu bisa membekas pada kompor dan meninggalkan noda permanen yang sulit dibersihkan.

Jika memang ada noda putih seperti goresan, bisa diatasi dengan menggunakan pembersih non abrasif kemudian dibersihkan dengan kain lembab.

4. Harga Kompor Induksi Vs Kompor Gas

Dengan beberapa kelebihan teknologinya tersebut, menjadikan kompor induksi memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan kompor gas.

Melihat harga di pasaran, beberapa jenis kompor induksi terbilang punya harga yang lebih tinggi. Seperti merek Philips yang dibanderol dari harga Rp 400.000 hingga Rp 1.000.000. Sementara merek Getra dihargai mulai dari Rp 590.000 sampai Rp 1,3 juta, tergantung dari jenis dan spesifikasinya masing-masing.

Sementara di e-commerce kompor gas dua tungku dengan harga termurah hanya berkisar pada Rp 100.000 hingga Rp 200.000 an saja.

5. Peralatan Masak Khusus

Kompor InduksiSelain harganya yang relatif mahal, kompor induksi juga memerlukan peralatan masak khusus. Karena kompor induksi hanya bisa menggunakan peralatan masak yang mengandung besi atau baja. Foto: Getty Images

Selain harganya yang relatif mahal, kompor induksi juga memerlukan peralatan masak khusus. Karena kompor induksi hanya bisa menggunakan peralatan masak yang mengandung besi atau baja.

Tujuannya untuk mengaktifkan dan menghasilkan panas saat alat tersebut berinteraksi dengan kompor.

Kamu bisa mencari alat masak dengan label 'aman induksi'. Namun jika sulit menemukan alat masak yang pas, bisa dengan cara melakukan tes magnet. Jika magnet menempel pada alat masak, tandanya produk itu bisa digunakan untuk jenis kompor ini,

Beberapa alat masak yang bisa digunakan seperti cast iron dan alat masak stainless steel. Hindari alat masak yang berbahan alumunium, kecuali memang memiliki permukaan magnet yang dilapisi oleh kaca atau pyrex.



Simak Video "Bikin Laper: Jalan-jalan ke Thailand, Nikmati Kuliner Malam"
[Gambas:Video 20detik]

(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT