ADVERTISEMENT

6 Kebiasaan Makan Unik Ratu Elizabeth II Ini Diungkap Mantan Chef Kerajaan

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Kamis, 22 Sep 2022 18:00 WIB
6 Kebiasaan Makan Unik Ratu Elizabeth II Ini Diungkap Mantan Chef Kerajaan
Foto: Getty Images via Insider
Jakarta -

Wafatnya Ratu Elizabeth II pada 8 September 2022 masih meninggalkan duka untuk warga Inggris. Segala hal soal sang ratu pun terus dikenang.

Ratu Elizabeth II meninggal pada usia 96 tahun di Kastil Balmoral, Skotlandia. Orang-orang terdekat mengenang sosok ibunda Raja Charles III ini sebagai orang yang menjaga pola makan.

Banyak informasi dari tim dapur kerajaan Inggris tentang pola makan dan fakta kuliner Ratu Elizabeth II. Salah satunya diungkap mantan chef kerajaan, Darren McGrady dalam buku yang ditulisnya tahun 2007, "Eating Royally: Recipes and Remembrances from a Palace Kitchen."

McGrady menghabiskan waktu 15 tahun berkarir sebagai chef untuk Ratu Elizabeth II di Istana Buckingham dan Princess Diana di Istana Kensington. Ia bergabung menjadi pegawai Ratu Inggris pada 1982, sebelum pindah menjadi pegawai Diana tahun 1993.

Ia bahkan masih ada di Istana Kensington saat Princess Diana meninggal bulan Agustus 1997. Sosoknya pun tahu benar kebiasaan makan dan fakta unik makanan Ratu Elizabeth II.

Berikut informasinya:

1. Berbagi scones ke anjing kesayangan

6 Kebiasaan Makan Unik Ratu Elizabeth II Ini Diungkap Mantan Chef KerajaanFoto: Getty Images via Insider

Menurut McGrady, scones adalah makanan yang disantap setiap hari oleh Ratu Elizabeth II sebagai menu pendamping teh. Ia kerap memesan menu ini di Istana Buckingham.

Scones yang dipilihnya bisa yang polos atau dengan buah. Meski begitu, menurut McGrady, Ratu Elizabeth II sepertinya tidak benar-benar menyukai kue berbahan gandum itu lantaran ia tidak memakannya.

"Saya bilang begitu karena dia tidak pernah memakan scones. Tapi, di akhir waktu minum tehnya, Ratu akan mengambil scones dan membuat remahan-remahan di lantai untuk memberi makan anjing Corgi kesayangannya. Sepertinya anjing Ratu Elizabeth II cukup menyukainya," tulis McGrady.

2. Tidak boleh potong sandwich bentuk kotak

McGrady bilang saat awal bekerja di Kerajaan Inggris, ia diberi tahu chef lain untuk tidak memotong sandwich bentuk kotak atau persegi panjang. "Sandwich akan terlihat seperti peti mati dan itu berarti kamu seperti berharap Ratu sakit. Saya berhati-hati untuk tidak pernah membuat kesalahan itu," katanya.

3. Head chef bikin susunan menu tiap hari

6 Kebiasaan Makan Unik Ratu Elizabeth II Ini Diungkap Mantan Chef KerajaanFoto: Getty Images via Insider

Menu untuk Ratu Elizabeth II begitu istimewa. McGrady bilang setiap hari head chef bakal membuat susunan menu untuk disetujui sang ratu.

"Setiap hari dia (head chef) akan menuliskan sarannya di sebuah buku bersampul kulit merah dengan tulisan 'Menu Royal' yang dicetak dengan emas di sampulnya," tulis McGrady.

"Segera setelah satu buku terisi, itu dikirim ke arsip kerajaan dan sebuah buku baru dikirim ke dapur sebagai penggantinya," lanjutnya. Ia coba menerapkan kebiasaan ini saat melayani Princess Diana, namun ibu 2 anak itu menolaknya. Menurutnya langkah ini buang-buang uang.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



Simak Video "Bikin Laper: Kulineran Malam di Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT