ADVERTISEMENT

Terungkap! Resep Telur Orak-arik Favorit Ratu Elizabeth II, Pakai Tambahan Ini

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Selasa, 20 Sep 2022 06:00 WIB
Terungkap! Resep Telur Orak-arik Favorit Ratu Elizabeth II, Pakai Tambahan Ini
Foto: Getty Images/webphotographeer
Jakarta -

Semasa hidup, Ratu Elizabeth II juga menggemari hidangan telur orak-arik. Hanya saja ia menambahkan dua bahan tak biasa yang konon membuat rasanya makin enak. Apa ya rahasianya?

Kepergian Ratu Elizabeth II untuk selama-lamanya membuat warga Inggris sedih. Segala hal mengenai dirinya pun masih terus dibahas, termasuk makanan favorit sang ratu semasa hidup.

Ia dikenal dengan pola makannya yang sehat. Siapa sangka, Ratu Elizabeth II juga seperti orang kebanyakan yang menggemari hidangan scrambled egg alias telur orak-arik.

Mengutip Daily Mail (19/9), telur orak-arik atau scrambled egg favorit Ratu Elizabeth II memakai tambahan bahan istimewa. Hal ini disampaikan seorang ahli gizi Australia yang temannya pernah bekerja sebagai chef di Istana Buckingham.

Kantong teh bekas Ratu Elizabeth II dijual seharga Rp 178 JutaRatu Elizabeth II punya resep telur orak-arik andalan. Foto: Getty Images

Ahli gizi bernama Lee Holmes tersebut mengatakan resep telur orak-arik favorit Ratu Elizabeth II disampaikan langsung oleh teman dekatnya itu. "Beberapa tahun lalu, salah satu sahabat saya cukup beruntung bisa memasak untuk Ratu dan dia membagikan pada saya resep telur orak-arik itu," katanya.

Holmes mengatakan, menu ini kerap tersaji sebagai sarapan orang nomor 1 di Inggris itu, apalagi Ratu Elizabeth II memang suka menyantap makanan tinggi protein pada pagi hari.

"Dia (Ratu Elizabeth II) juga penggemar berat menu yang dibuat dari bahan-bahan musiman," lanjut Holmes. Adapun resep telur orak-arik favorit Ratu Elizabeth II adalah ditambahkan pala dan parutan kulit lemon.

Terungkap! Resep Telur Orak-arik Favorit Ratu Elizabeth II, Pakai Tambahan IniParutan kulit lemon bikin rasa telur orak-arik makin enak. Foto: Getty Images/webphotographeer

Telur yang dipakai adalah telur bercangkang cokelat, bukan putih. Konon Ratu Elizabeth II lebih menyukai rasa telur bercangkang cokelat.

Telur orak-arik lalu dimasak di api kecil secara perlahan hingga menghasilkan tekstur super creamy dan tidak menggumpal. Penyajiannya kadang dengan kipper (sejenis ikan asap) favorit Ratu Elizabeth II.

Ia biasa menikmati menu telur spesial ini di ruang makan pribadinya di Istana Buckingham. Tak ketinggalan, sang ratu bakal ditemani secangkir teh Earl Grey dengan sedikit susu.

Holmes yang pernah mencoba resep telur orak-arik favorit Ratu Elizabeth II ini memuji rasanya yang enak. "Sejak diberi tahu resep ini beberapa tahun yang lalu, saya sering membuat resep ini dan rasanya spektakuler!" kata Holmes.

Terungkap! Resep Telur Orak-arik Favorit Ratu Elizabeth II, Pakai Tambahan IniTelur orak-arik dimasak di api kecil. Foto: Getty Images/webphotographeer

Kalau mau menirunya, berikut resep lengkapnya:

3 butir telur bercangkang cokelat organik
1 sdm susu
Sea salt untuk perasa
1 sdm mentega atau minyak zaitun extra virgin
1 sdt parutan kulit lemon (lemon zest)
Sejumput pala bubuk
Lada hitam untuk perasa
Daun kucai (pilihan)

Cara membuat:
1. Dalam mangkuk, kocok telur dan susu sampai tercampur sempurna. Tambahkan garam.
2. Panaskan mentega atau minyak zaitun dalam wajan kecil menggunakan api kecil-sedang. Masukkan telur dan kecilkan api. Aduk perlahan dengan spatula supaya telur tidak lengket di dasar wajan.
3. Sebelum telur orak-arik kaku, tambahkan kulit jeruk lemon parut, pala bubuk, dan garam sesuai selera. Aduk rata.
4. Sajikan segera. Bisa diberi taburan lada hitam bubuk dan daun kucai jika suka.



Simak Video "Penerbangan Terakhir Ratu Elizabeth II Paling Banyak Dilacak dalam Sejarah"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT