Perlu Dicermati! 3 Jenis Kopi Populer Ini Bisa Mengandung Bahan Tak Halal

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Perlu Dicermati! 3 Jenis Kopi Populer Ini Bisa Mengandung Bahan Tak Halal

Riska Fitria - detikFood
Kamis, 22 Sep 2022 07:30 WIB
Kopi
Foto: iStock
Jakarta -

Berasal dari tanaman, kopi tentu halal dikonsumsi. Meski begitu, tetap waspada karena ada beberapa hal ini bisa membuat kopi jadi tak halal.

Kopi merupakan minuman yang terbuat dari biji tumbuhan kopi. Biji kopi itu dikeringkan, disangrai kemudian diseduh dengan air panas dan menghasilkan cita rasa dan aroma tersendiri.

Pada dasarnya kopi halal dikonsumsi karena berasal dari tumbuhan halal. Namun, kini banyak varian kopi yang diseduh dengan bahan tambahan atau diproses dengan metode tertentu.

Nah, bahan tambahan dan proses itulah yang membuat kehalalan kopi diragukan. Sementara itu, ada tiga jenis kopi yang populer, yakni kopi murni, kopi sachet dan kopi kafe.

Berikut bahan-bahan pada 3 jenis kopi ini bisa membuat kopi tak halal.

1. Kopi Murni

KopiKopi murni adalah kopi yang 100% terbuat dari biji kopi yang disangrai dan dihaluskan tanpa ada tambahan tertentu. Foto: iStock

Kopi murni adalah kopi yang 100% terbuat dari biji kopi yang disangrai dan dihaluskan tanpa ada tambahan tertentu. Biasanya kopi murni ini harganya relatif tinggi.

Status kehalalan kopi ini ada pada proses sangrainya yang dicampur dengan lemak mentega. Sementara itu, lemak mentega harus jelas sumber hewan itu sendiri.

Mentega yang dipakai harus berasal dari hewan yang halal dan proses penyembelihan yang sesuai syariat Islam. Jika digunakan komponen lemak hewani yang halal maka harus dilengkapi dengan sertifikat halal yang valid.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), Ir. Muti Arintawati, M.Si.

Selain penggunaan bahan, juga perhatian penggunaan fasilitas pada proses sangrai itu sendiri. Pastikan fasilitas harus terbebas dari kontaminasi bahan tidak halal dan najis.

Baca Juga: 5 Mitos tentang Minum Kopi Ini Jangan Dipercaya Lagi

2. Kopi Sachet

KopiKopi sachet ini berupa kopi bubuk dan biasanya sudah dicampur dengan bahan-bahan tertentu. Foto: iStock

Kini minum kopi jadi lebih praktis dengan adanya kopi sachet. Kopi sachet ini berupa kopi bubuk dan biasanya sudah dicampur dengan bahan-bahan tertentu.

Seperti gula, susu, krimer, emulsifier dan perisa. Bahan tambahan itu yang menjadi titik kritis kopi sachet. Pada gula perhatian pada proses pembuatannya.

Sebab bisa berpeluang menggunakan bahan penolong seperti enzim dan arang aktif yang sumbernya bisa berasal dari bahan yang haram dapat mencemari gula pasir.

Kemudian pada penggunaan susu, apakah mengalami proses pengolahan yang melibatkan bahan tambahan dan bahan penolong proses. Begitu juga dengan bahan lainnya.

Baca Juga: Tren Kopi Infused Alkohol, Biji Kopi Direndam Whisky hingga Arak Bali

3. Kopi Kafe

KopiKopi kafe maksudnya adalah kopi yang disajikan di kafe-kafe. Foto: iStock

Kopi kafe maksudnya adalah kopi yang disajikan di kafe-kafe. Belakangan ini kafe-kafe dapat dikatakan menjamur, sehingga kemungkinan menjadi tidak halal lebih besar.

Seperti kopi espresso, kopi ini lebih sedikit kemungkinan tidak halal. Selain itu, ada kopi latte dan cappucino yang lebih rumit dari espresso karena memakan bahan lain.

Seperti susu, krimer, foam dan lainnya. Bahan tambahan ini yang perlu diperhatikan kehalalannya. Untuk kafe, masih sedikit yang telah bersertifikat halal MUI.

Oleh karenanya masyarakat dihimbau untuk selalu kritis dalam memperhatikan bahan-bahan yang dipakai pada kopi di kafe tersebut.

Baca Juga: Meski Tanpa Alkohol, Kopi Wine Tetap Tak Bisa Dapat Label Halal Karena Ini



Simak Video "Sejarah Kebun Kopi Tertua di Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT