ADVERTISEMENT

Dapat Tip Rp 44 Juta, Resto Ini Malah Tuntut Pelanggan

Atiqa Rana - detikFood
Selasa, 20 Sep 2022 19:30 WIB
Dapat Tip Rp 44 Juta, Resto Ini Malah Tuntut Pelanggan
Foto: dailymail.co.uk / Ruth Bashinsky
Jakarta -

Restoran ini menuntut pelanggan karena telah memberi tip dengan jumlah sangat besar ke pelayan. Pasalnya, tip yang diberikan sampai Rp 44 juta!

Jika pergi ke restoran, terutama di luar negeri, biasanya pelanggan akan memberikan tip tambahan ke pelayan.

Patokan besaran tip berbeda di berbagai restoran. Ada yang memang harus sekian persen dari total tagihan makan, namun ada juga yang nominalnya bebas.

Tapi terkadang, tip yang diberi dalam jumlah besar maupun kecil, bisa mengundang reaksi berbeda dari orang. Contohnya saja kejadian ini.

Melansir timesnownews.com (19/09), seorang pelayan bernama Katie Taylor, baru saja mendapat pekerjaannya kembali sebagai seorang pelayan setelah lama menganggur karena pandemi. Wanita ini bekerja di sebuah pub di Indiana, Amerika Serikat.

Ketika ia menjalani harinya menjadi seorang pelayan, ada satu momen ketika Katie terkejut dengan sikap murah hati dari seorang pelanggan. Hal ini disebabkan karena tip yang diberikan oleh pelanggan kepadanya sangat besar.

Biasanya pelayan diberi tip 15-20% dari total tagihan. Tetapi tidak dengan tip yang didapat oleh Katie. Wanita ini justru mendapat tip sebesar $330 atau Rp 4 juta. Lantas hal ini membuat pelayan tersebut menangis.

Namun tampaknya, tip yang besar telah mengundang reaksi berbeda dari atasan atau rekan kerja lain. Karena ada suatu kasus mengenai tip yang baru-baru ini menunjukkan hal tersebut.

Sebuah restoran bernama Alfredo's Café di Scranton, Pennsylvania, Amerika Serikat menuntut salah satu pelanggan mereka yang telah memberi tip sebesar $3.000 atau Rp 44 juta kepada seorang pelayan.

Dapat Tip Rp 44 Juta, Resto Ini Malah Tuntut PelangganSebuah restoran bernama Alfredo's Café di Scranton, Pennsylvania, Amerika Serikat menuntut salah satu pelanggan mereka yang telah memberi tip sebesar $3.000 atau Rp 44 juta kepada seorang pelayan. Foto: dailymail.co.uk / Ruth Bashinsky

Hal ini awalnya diketahui oleh pelayan bernama Mariana Lambert, yang telah membantu pelanggan itu. Dirinya terkejut ketika melihat ada ribuan dollar yang ditambahkan dalam tagihan dengan total hanya $13 atau Rp 195 ribu saja.

Tetapi laporan UNILAD mengatakan bahwa tip yang besar itu justru mengundang perselisihan di antara para staf di restoran tersebut.

Manajemen Alfredo's Café cukup curiga terhadap pelanggan karena dia memberi tip besar namun hanya memesan makanan yang terbilang cukup murah.

Dapat Tip Rp 44 Juta, Resto Ini Malah Tuntut PelangganManajemen Alfredo's Café cukup curiga terhadap pelanggan karena dia memberi tip besar namun hanya memesan makanan yang terbilang cukup murah. Foto: dailymail.co.uk / Ruth Bashinsky

Akhirnya pihak restoran tak hanya mencurigai, tetapi sampai mencoba untuk mengajukan tuntutan kepada pelanggan.

"Ini hanya sedikit menjengkelkan sekarang. Hal ini telah membuat banyak omong kosong dan drama. Sayangnya, kami harus menuntut melalui kantor hakim karena saat ini kami kehabisan uang. Dan dia (pelanggan) meminta kami untuk menuntutnya. Jadi inilah yang kami lakukan," pungkas Jacobson selaku manajer Alfredo's Café.

Tip sebanyak ini memang cukup membuat banyak orang curiga. Mungkin pihak restoran menjalankan tuntutan karena takut uang besar yang diterima oleh salah satu stafnya, justru akan menimbulkan masalah kepada restoran.



Simak Video "Uniknya Terong Goreng Madu hingga Bayam Telur Asin di Resto Medan"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT