ADVERTISEMENT

5 Jenis Keju Unik yang Jadi Tren Tantangan di TikTok, Berani Coba?

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 20 Sep 2022 14:00 WIB
Keju rasa unik, ada goat cheese hingga brie.
Foto: TikTok Agung Karmalogy , iStock
Jakarta -

Beragam jenis keju dengan rasa unik kerap dihidangkan menjadi menu cheese platter. Belakangan menu tersebut dijadikan tren tantangan di TikTok, apa saja jenis kejunya?

Banyak orang hanya mengenal jenis keju cheddar atau mozzarella karena kerap dipakai untuk hidangan lezat. Kedua jenis tersebut memang umum dikonsumsi.

Namun, di dunia ini ada beragam jenis keju dengan bahan dasar, cita rasa, tekstur, hingga tipe pemakaian yang berbeda. Tak hanya keju yang gurih dan creamy, tapi juga yang berjamur dan rasanya agak asam, bahkan beraroma tidak sedap.

Keju dengan cita rasa unik tersebut biasanya dihadirkan pada menu cheese platter. Seperti yang dicicipi oleh TikToker Indonesia Agung Karmalogy.

Keju rasa unik, ada goat cheese hingga brie.Keju rasa unik, ada goat cheese hingga brie. Foto: TikTok Agung Karmalogy , iStock

Dalam videonya, Agung mencoba beragam jenis keju di sebuah restoran. Ada 5 jenis keju yang dihindangkan pada cheese platter tersebut.

Agung menjadikan hidangan ini sebagai tantangan karena rasanya yang tak bisa diterima oleh lidah semua orang. Keju yang dicicipi olehnya adalah goat cheese, aged cheddar, brie, blue cheese, dan gorgonzola.

Baca Juga: Ngakak! Wanita Ini Beli Seblak Tapi Kerupuknya Digoreng Terpisah

Berikut fakta 5 jenis keju bercita rasa unik:

1. Goat Cheese

Keju rasa unik, ada goat cheese hingga brie.Keju rasa unik, ada goat cheese hingga brie. Foto: TikTok Agung Karmalogy , iStock

Dilansir dari The Manual, goat cheese adalah keju yang berasal dari bahan dasar susu kambing. Keju ini memiliki nama lain dengan sebutan 'chevre'.

Keju ini memiliki rasa yang ringan dan agak buttery. Untuk aromanya, seperti ada kesan tanah atau pertanian berumput.

Biasanya keju kambing atau goat cheese ini dijadikan topping untuk flat bread dan pizza. Dipadukan dengan paprika atau madu terasa nikmat ketika disantap.

2. Aged Cheddar

Jika keju cheddar biasa umum dikonsumsi orang banyak karena rasanya yang enak, bagaimana dengan aged cheddar? Keju ini terbuat dari susu sapi dan disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Semakin lama usia simpannya, tekstur keju ini menjadi agak rapuh. Menyoal rasa pasti lebih kompleks. Rasanya nutty dengan after taste yang agak asam.

TikToker Agung Karmalogy mengungkapkan kalau rasanya seperti keju di awalnya. Lalu, ada rasa asam yang menurutnya mirip aroma ketiak. "Rasanya keju campur ketek dikit," ujarnya.

Baca Juga: Zonk! Pesanan Cumi Goreng Seharga Rp 45 Ribu Ini Mirip Kecoak



Simak Video "Masak Masak: Telur Gulung Keju Sehat Bergizi"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT