7 Tips Memasak Mie Agar Lezat Seperti Buatan Restoran

ADVERTISEMENT

7 Tips Memasak Mie Agar Lezat Seperti Buatan Restoran

Yenny Mustika Sari - detikFood
Kamis, 08 Sep 2022 16:30 WIB
Tips masak mie yang enak
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Mie bisa menjadi pilihan makanan yang enak untuk disantap kapanpun. Kalau ingin memasak mie seenak bikinan restoran, perhatikan tips memasaknya.

Mie adalah makanan yang digemari banyak orang. Terutama mereka yang tinggal di negara Asia, termasuk Indonesia. Rasanya enak dan hidangannya mudah dibuat membuat mie disukai.

Ada banyak jenis mie yang populer. Tak hanya mie telur, tapi ada juga bihun, soba, sohun, ramen, dan lainnya. Beragam jenis mie ini tentunya memiliki cara mengolah yang berbeda-beda.

Baca Juga: 7 Makanan Korea Terpopuler di Indonesia, Dijual Sampai di Kaki Lima!

Dilansir dari Tasting Table (6/9), berikut tips memasak mie yang benar dan enak:

1. Bilas air dingin setelah direbus

Tips masak mie yang enakTips masak mie yang enak Foto: Getty Images/iStockphoto

Ada beberapa jenis mie yang terbuat dari tepung beras. Sebut saja bihun dan kwetiau. Walaupun bahan bakunya sama, keduanya memiliki karakteristik yang berbeda.

Bihun ukurannya lebih tipis dan mengurai panjang. Sedangkan kwetiau memiliki bentuk agak lebar dengan tekstur yang kenyal dan licin. Keduanya bisa diolah dengan cara digoreng maupun direbus.

Agar bihun atau kwetiau diolah dengan tepat dan menggumpal. Rebus bihun atau kwetiau kering dalam air secukupnya hingga lunak. Angkat dan tiriskan. Bilas dengan air dingin bersih agar bihun dan kwetiau tidak saling lengket. Jika memakai kwetiau segar, bilas dengan air hangat agar minyaknya larut lalu tiriskan.

2. Baca Petunjuk Kemasan

Tidak semua mie terbuat dari bahan yang sama, jadi cara memasaknya juga berbeda. Agar tekstur mie terasa sempurna, pastikan untuk membaca petunjuk pada kemasan dalam penggunaan air untuk merebusnya.

Jumlah air yang digunakan juga tergantung pada gaya memasak mie kesukaanmu. Misalnya pada mie telur, kamu perlumemasaknya selama 3-4 menit di dalam 400 ml air mendidih.

Baca Juga: 5 Mitos Seputar Gula Ini Tak Perlu Dipercaya Lagi

3. Gunakan Wajan Wok Saat Bikin Mie Goreng

Tips masak mie yang enakTips masak mie yang enak Foto: Getty Images/iStockphoto

Selain jenis mie yang dipilih, alat memasak yang tepat juga perlu diperhatikan agar hidangan terasa nikmat. Seperti saat memasak mie goreng, sebaiknya perhatikan penggunaan wajan yang tepat.

Wajan cekung atau wok yang biasa digunakan untuk mengolah hidangan China sangat tepat dipakai. Wajan cekung dengan lapisan baja karbon itu memiliki daya tahan serta konduksi tinggi dan merata. Saat memasak, jangan mengisi wajan terlalu penuh.



Simak Video "Pedas Nampol Mie Semeru di Lumajang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT