ADVERTISEMENT

5 Mie Jepang yang Populer di Dunia, Ramen hingga Yakisoba

Yenny Mustika Sari - detikFood
Kamis, 08 Sep 2022 11:30 WIB
Mie khas Jepang yang populer di dunia
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Ada beberapa mie khas Jepang yang populer dan rasanya enak. Seperti ramen, udon, hingga yakisoba yang mirip dengan bakmi goreng ala Indonesia.

Kuliner Jepang sangat populer di dunia. Sebut saja seperti sushi, ramen, hingga teriyaki. Di antara banyaknya kuliner Jepang populer, olahan mie khas Jepang juga patut diketahui.

Dilansir dari Tsunagun Japan (24/6/2022), ada 5 olahan mie khas Jepang yang terkenal enak dan populer. Di antaranya ada ramen, udon, yakisoba, dan beberapa mie lainnya.

Tak hanya dari namanya saja yang berbeda, tapi juga dari karakteristik cara mengolahnya. Ada yang disajikan berkuah seperti ramen maupun digoreng layaknya mie goreng.

Baca Juga: Nikmatnya Soto Betawi Pakai Topping Paru dan Saikoro Empuk Lembut

Berikut 5 mie Jepang yang populer enak rasanya:

1. Ramen

Mie khas Jepang yang populer di duniaMie khas Jepang yang populer di dunia Foto: Getty Images/iStockphoto

Ramen merupakan hidangan khas Jepang berupa mie yang disajikan dengan kuah kaldu gurih dan aneka topping lezat. Bisa berupa irisan daging ayam, daging babi, daun bawang, telur onsen, dan lainnya.

Ramen pertama kali populer pada tahun 1910 dengan dibukanya "Rairaiten", restoran pertama di Tokyo yang menjual hidangan tersebut kepada kelas pekerja. Sejak saat itu, hidangan ini telah diadopsi sepenuhnya oleh orang Jepang, dengan setiap daerah menciptakan versi ramen yang berbeda dengan menyesuaikan selera mereka.

Seperti kawasan Sapporo, Hokkaido yang terkenal dengan miso ramen. Sedangkan di Tokyo, wajib mencoba shoyu ramen. Kalau ingin mencoba tonkotsu ramen yang kaldunya kental bisa berkunjung ke Fukuoka.

2. Udon

Mie khas Jepang yang populer di duniaMie khas Jepang yang populer di dunia Foto: Getty Images/iStockphoto

Udon merupakan olahan mie yang terbust dari tepung beras. Ukurannya lebih tebal dengan tekstur yang kenyal dan licin ketika disantap.

Di Jepang timur, orang biasanya menyantap mie udon dengan kuah kaldu coklat tua yang terbuat dari kecap hitam. Sedangkan pada bagian Jepang Barat, udon disantap bersama kuah kaldu cokelat muda yang terbuat dari kecap asin.

Topping khas yang dinikmati kedua daerah ini antara lain kamaboko (kue ikan berbentuk setengah bulan), tempura (sayuran goreng dan seafood), dan daun bawang. Kini udon banyak memiliki kreasi kuah, seperti disajikan dengan kuah kari, kaldu ayam, dan lainnya.

Baca Juga: Bikin Haru! Gegara Ingat Keluarga, Netizen Ini Traktir Makan Orang Tak Dikenal



Simak Video "Bikin Laper: Nyicipin Onigiri hingga Sate Khas Jepang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT