ADVERTISEMENT

Rachel Vennya Makan Buah Kiwi dengan Kulitnya, Aman Nggak Sih?

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Kamis, 08 Sep 2022 14:30 WIB
Rachel Vennya Makan Buah Kiwi dengan Kulitnya, Aman Nggak Sih?
Foto: TikTok rachelvennya
Jakarta -

Rachel Vennya menjawab pertanyaan netizen soal kebiasaannya makan kiwi. Ternyata ia terbiasa makan kiwi bersama kulit-kulitnya! Dari sisi kesehatan, apakah hal ini aman?

Kebanyakan orang makan kiwi dengan cara mengupas kulitnya. Tak jarang mereka langsung menyendoki daging buah kiwi dan membuang kulit buah berbulu halus tersebut.

Tapi di sisi lain, beberapa orang terbiasa menyantap kiwi bersama kulitnya. Mereka makan kiwi layaknya apel dan pir yang langsung dilahap dengan kulit-kulitnya.

Salah satunya selebgram Rachel Vennya. Dalam unggahan TikTok di akun resminya (7/9), ibu dua anak ini menjawab pertanyaan netizen soal caranya makan buah kiwi.

"Bingung tuh kiwi makannya gimana sama kulit-kulitnya itu?" tanya seorang netizen. Rachel Vennya membalas, "Jadi aku tuh kalau makan buah kiwi, itu aku makan sama kulitnya."

Rachel Vennya Makan Buah Kiwi dengan Kulitnya, Aman Nggak Sih?Rachel Vennya terbiasa makan kiwi dengan kulitnya. Foto: TikTok rachelvennya

Rachel Vennya mengungkap kebiasaan ini sudah sejak lama ia lakukan. "Jadi makannya kayak gini aja. Praktis kan?" katanya sambil menggigit buah kiwi utuh.

Di kolom komentar, banyak netizen menanggapi cara Rachel Vennya makan buah kiwi. Tak sedikit dari mereka yang 'salah fokus' dengan bulu-bulu di kulit buah kiwi.

"Kiwi impor mungkin bulu-bulunya nggak ada. Kalau kiwi yang biasa, udah asam, bulunya banyak banget," komentar seorang netizen. Lalu ada juga yang bertanya, "Nggak takut gatal buna kalau makan sama kulitnya?"

Lalu dari sisi kesehatan, amankah mengonsumsi buah kiwi bersama kulitnya? Mengutip Healthline (8/9), kulit kiwi justru dianjurkan untuk dikonsumsi karena mengandung banyak nutrisi penting, terutama serat, folat, dan vitamin E.

Serat punya peran penting untuk memberi 'makan' bakteri baik pada usus, sedangkan folat berperan dalam pertumbuhan sel. Lalu ada vitamin E yang memiliki properti antioksidan sangat baik untuk menjaga kesehatan sel tubuh.

Makan kiwi bersama kulitnya bisa meningkatkan asupan serat hingga 50%, folat 32%, dan vitamin E 34% dibanding hanya makan daging buahnya saja.

Khusus antioksidan, jumlahnya pada kulit bahkan lebih banyak dari pada daging buahnya. Ada dua sumber antioksidan utama yaitu vitamin C dan vitamin E.

Ilustrasi buah kiwiKulit buah kiwi ternyata mengandung berbagai nutrisi. Foto: Getty Images/iStockphoto/panida wijitpanya

Kemudian dari sisi kepraktisan, makan buah kiwi bersama kulitnya juga dianggap lebih ideal lantaran tidak akan membuat tangan basah karena terkena jus daging buah kiwi. Cara ini juga tidak memerlukan alat.

Bagi yang kurang terbiasa dengan tekstur kulit kiwi yang berbulu, kamu bisa membuangnya. Caranya, gosok kiwi dengan handuk bersih atau sikat khusus sayuran.

Secara keseluruhan, konsumsi buah kiwi baik untuk kesehatan, baik dengan atau tanpa kulitnya. Manfaat utamanya antara lain meningkatkan kadar kolesterol baik, menurunkan tekanan darah tinggi, hingga memperbaiki penyerapan zat besi.

Bagi yang ingin meningkatkan imunitas dan menyehatkan pencernaan, konsumsi kiwi juga dianjurkan. Bahkan serat pada kiwi disebut bisa meredakan sembelit.



Simak Video "Menjajal 'Fish & Chips' Rachel Vennya Bercita Rasa Lokal"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT