Makan di Kafe, Pelanggan Bingung Ditagih Biaya 'Layanan Industri'

ADVERTISEMENT

Makan di Kafe, Pelanggan Bingung Ditagih Biaya 'Layanan Industri'

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 07 Sep 2022 14:30 WIB
Makan di Kafe, Pelanggan Bingung Ditagih Biaya Layanan Industri
Foto: news.com.au / Benedict Brook
Jakarta -

Tagihan makan biasanya dikenakan sesuai dengan apa yang dipesan oleh pelanggan. Tetapi tidak dengan kafe ini yang tiba-tiba kenakan biaya misterius.

Kebanyakan kafe atau restoran melakukan sistem yang membiarkan pelanggan untuk memesan terlebih dahulu, lalu kemudian membayarnya di akhir waktu makan. Tentunya tagihan tersebut akan sesuai dengan apa yang dipesan.

Sekalipun ada biaya tambahan, biasanya hal tersebut datang dari pajak dan tip. Tetapi berbeda dengan kafe satu ini yang telah membuat pelanggan bingung karena ada tagihan tambahan yang tidak jelas.

Melansir news.com.au (03/09), seorang pelanggan dibuat bingung ketika dirinya pergi makan ke suatu kafe bernama The Bavarian Bier Café yang terletak di Sydney, Australia.

Bukan karena menu atau pelayanannya, melainkan biaya tambahan yang dikenakan pada tagihan makan mereka. Pelanggan ini mengunggah bon makannya ke situs Reddit untuk bertanya kepada pengguna lain mengenai tagihan misterius itu.

Dalam tagihan tertulis pesanan makan dan minum mereka yang terdiri dari salad, chicken schnitzel, burger keju, hingga minuman.

Tetapi di akhir tagihan, tertulis 'biaya layanan industri' yang dikenakan biaya sebesar 5,35 dollar Australia atau berkisar Rp 53 ribu.

Makan di Kafe, Pelanggan Bingung Ditagih Biaya 'Layanan Industri'Tetapi di akhir tagihan, tertulis 'biaya layanan industri' yang dikenakan biaya sebesar 5,35 dollar Australia atau berkisar Rp 53 ribu. Foto: news.com.au / Benedict Brook

Melihat hal ini tentu pelanggan itu mempertanyakan biaya yang tidak diberi kejelasan untuk apa.

Pada situs Reddit dia pun bertanya, "Bisakah seseorang menjelaskan apa itu biaya layanan industri sebesar $5.35? Saya belum pernah melihat sesuatu seperti ini terjadi sebelumnya."

Beberapa netizen pun merespon pertanyaan pelanggan yang tidak disebutkan namanya ini. Ada seorang pelanggan yang turut bertanya apakah biaya yang tidak jelas ini legal. "Apakah ini legal?" tulis netizen.

Ternyata setelah ditelusuri, The Bavarian Bier Café mengungkapkan kepada news.com.au bahwa penambahan biaya itu disebabkan karena inflasi yang melonjak dan juga kesulitan perhotelan di masa pandemi Covid-19.

Makan di Kafe, Pelanggan Bingung Ditagih Biaya 'Layanan Industri'The Bavarian Bier Café mengungkapkan kepada news.com.au bahwa penambahan biaya itu disebabkan karena inflasi yang melonjak dan juga kesulitan perhotelan di masa pandemi Covid-19. Foto: news.com.au / Benedict Brook

Pihak kafe mengungkap bahwa biaya layanan industri itu disebutkan secara 'transparan.' Namun sepertinya apa yang dikatakan oleh pihak kafe tidak sesuai dengan fakta di lapangan.

Karena biaya tersebut bahkan tidak disebutkan secara khusus di menu ataupun dijelaskan secara terpisah oleh pelayan. Wajar saja jika ada pelanggan yang mempertanyakan biaya itu.

Sebenarnya menurut pemerintah Queensland, restoran atau kafe sah-sah saja jika ingin menambahkan biaya tambahan, tetapi persentasenya harus ditampilkan secara mencolok, jelas, dan transparan.

Namun tidak dengan kafe ini yang secara diam-diam menambahkan biaya ke tagihan pelanggan. Karena hal ini beberapa netizen pun mengungkapkan bahwa mereka cukup bingung dengan sistem yang diterapkan oleh kafe ini.

Bahkan ada netizen yang mengungkap bahwa ia tidak akan pergi ke kafe itu lagi. "Saya akan pergi ke tempat lain mulai sekarang," pungkasnya.



Simak Video "Suasana Kafe Bernuansa Piala Dunia di Pinrang"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT